Pengertian dan Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia beserta Contohnya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang kebutuhan manusia yang meliputi macam macam kebutuhan manusia, jenis jenis kebutuhan manusia, kebutuhan manusia terhadap agama, macam macam kebutuhan primer, macam macam kebutuhan sekunder, macam macam kebutuhan tersier, contoh kebutuhan primer, contoh kebutuhan sekunder, contoh kebutuhan tersier, pengertian kebutuhan manusia.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan manusia?
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.
Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup dan apabila tidak dipenuhi akan berakibat fatal.
Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani dan rohani untuk kelangsungan hidupnya.

Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia

Secara umum, kebutuhan manusia dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia dapat dikelompokkan lagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
  • Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi oleh manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Contoh kebutuhan primer, yaitu kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, dan pakaian. 
  • Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder, yaitu barang-barang elektronik.
  • Adapun kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. Contoh kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan akan barang-barang mewah, seperti mobil mewah dan perhiasan yang mahal.

2. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa datang.
  • Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda. Contohnya, minum bagi orang yang haus dan makan bagi orang yang lapar. 
  • Kebutuhan masa datang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada masa yang akan datang. Contohnya, kebutuhan tempat tinggal sendiri untuk anak remaja.

3. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
  • Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang bersifat fisik dan materi. Contohnya, kebutuhan akan makan, minum, dan olahraga. 
  • Adapun kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang erat hubungannya dengan rohani dan hanya dapat dirasakan oleh jiwa manusia. Contohnya, kebutuhan akan keagamaan, rekresi, pendidikan, dan hiburan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Tindakan Ekonomi

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Kebutuhan Manusia beserta Contohnya"

Post a Comment