Pengertian dan Contoh Prinsip Ekonomi, Ciri-ciri serta Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang prinsip ekonomi yang meliputi pengertian prinsip ekonomi, ciri ciri prinsip ekonomi, contoh prinsip ekonomi, penerapan prinsip ekonomi, prinsip prinsip ekonomi, 10 prinsip ekonomi, prinsip prinsip ekonomi islam, bunyi prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Kamu sudah mengetahuinya dari bahasan di atas bahwa pada dasarnya inti masalah ekonomi ialah terjadinya ketidakseimbangan antara jumlah alat pemuas kebutuhan dengan banyaknya kebutuhan manusia sehingga menyebabkan kelangkaan (scarcity).

Karena ada masalah tersebut, setiap manusia harus dapat memilih dan memanfaatkan sebaik mungkin setiap alat pemuas kebutuhan yang ada.

Kita ketahui bahwa kebutuhan manusia itu sangat banyak dan tidak mungkin seseorang dapat memenuhi semua kebutuhannya. Dengan kata lain, dari berbagai kebutuhan yang ada kita harus memilih kebutuhan yang paling penting dan bermanfaat untuk segera dipenuhi (menentukan skala prioritas kebutuhan).

Setiap orang harus melakukan kegiatan ekonomi dengan perhitungan yang cermat dan matang supaya mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Untuk memperoleh hasil-hasil yang diharapkan, setiap orang harus memiliki pedoman dalam melakukan kegiatan ekonomi yang disebut dengan prinsip ekonomi.
Bunyi prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan tertentu, dapat memperoleh hasil yang sebesarbesarnya (maksimal), atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya berusaha untuk memperoleh hasil yang tertentu.

Contoh Prinsip Ekonomi

Contohnya, Bu Diana pergi ke toko sepatu untuk membeli sepatu sekolah anaknya yang sudah rusak, harga sepatu tersebut Rp 50.000,00. Setelah sampai di toko sepatu, Bu Diana banyak melihat sandal yang ia sukai. Akan tetapi, Bu Diana hanya memiliki uang sebesar Rp 50.000,00, sedangkan harga sandal yang ia sukai juga sebesar Rp50.000,00. Dengan demikian, ia harus pandai menentukan pilihannya dengan mengutamakan kebutuhan yang paling mendesak. Karena Bu Diana menganggap sepatu anaknya lebih penting dan mendesak, ia memutuskan untuk membeli sepatu anaknya dan menunda membeli sandal yang ia sukai.

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

Terdapat beberapa ciri dari tindakan ekonomi yang didasari oleh prinsip ekonomi sebagai berikut:
  1. mengutamakan kebutuhan yang sifatnya lebih penting dan mendesak;
  2. bersikap hemat dan tidak boros dalam tindakannya;
  3. melakukan tindakan ekonomi dengan pertimbangan yang matang;
  4. senantiasa mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap tindakan ekonomi yang dilakukannya.

Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Prinsip ekonomi diterapkan berdasarkan tujuan dan kepentingan masing-masing pelaku ekonomi. Untuk melihat penerapannya, berikut gambaran tentang penerapan prinsip ekonomi dalam tiga kegiatan utama ekonomi, yakni produksi, distribusi, dan konsumsi.

a. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi

Produksi adalah kegiatan ekonomi untuk menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Pihak atau orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Tujuan produsen melakukan kegiatan produksi adalah untuk menghasilkan keuntungan. Prinsip ekonomi yang dilakukan oleh produsen adalah dengan pengorbanan tertentu.

Dalam hal ini faktor produksi seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), Modal dan Skill, diharapkan dapat menghasilkan barang dan jasa yang memberikan keuntungan maksimal.

b. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Distribusi

Distribusi adalah kegiatan ekonomi untuk menyalurkan barang dari produsen ke tangan konsumen untuk dikonsumsi. Pihak atau orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi adalah bagaimana caranya agar barang-barang yang diproduksi oleh produsen dapat sampai ke tangan konsumen dengan harga dan biaya yang murah.

Dengan demikian, harus menggunakan jalur distribusi yang tepat supaya tidak menghabiskan biaya yang besar untuk menyalurkan barang tersebut.

Misalnya, untuk kebutuhan pokok seperti beras saluran distribusinya dari petani ke pedagang beras, kemudian langsung ke konsumen.

c. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi untuk menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Pihak atau orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kita ketahui bahwa barang dan jasa jumlahnya terbatas, sedangkan kebutuhan konsumen jumlahnya sangat banyak sehingga dengan prinsip ekonomi diharapkan setiap konsumen dapat memilih dan memanfaatkan barang dan jasa yang diperolehnya sebaik mungkin.

Baca juga: Macam-macam Motif Ekonomi

0 Response to "Pengertian dan Contoh Prinsip Ekonomi, Ciri-ciri serta Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi"

Post a Comment