Pengertian dan Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan mengenai organisasi kehidupan, pengertian organisasi kehidupan, tingkatan organisasi kehidupan, tingkat organisasi kehidupan, organisasi sel, sistem organ pada manusia, sistem organisme, organ tubuh, jaringan, sel.


Organisasi Kehidupan

Pengertian Organisasi Kehidupan

Organisasi kehidupan adalah tata urutan atau susunan organisme kehidupan yang dimulai dari atom, molekul, organel sel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer atau urutan yang lebih sederhananya adalah dimulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan individu. (www.pelajaransekolah.net)

Tingkat Organisasi Kehidupan

Secara umum urutan tingkat organisasi kehidupan terdiri dari sel, jaringan, organ tubuh, sistem organ tubuh dan tubuh organisme. Berikut bagan sistem organisme makhluk hidup.
Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan

Kamu telah mempelajari adanya keanekaragaman makhluk hidup. Semua makhluk hidup tubuhnya tersusun atas kumpulan sel-sel. Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Semua kegiatan hidup dari makhluk hidup adalah perwujudan dari proses yang terjadi di dalam sel.

Pada organisme uniseluler sebuah sel merupakan satu individu. Jadi segala aktivitasnya dilakukan dengan satu sel itu, misalnya respirasi, mencerna makanan, dan berkembang biak.

Pada organisme multiseluler, sel-sel saling bekerja sama membentuk jaringan. Jadi jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk yang sama dan mempunyai fungsi yang sama, misalnya jaringan epidermis merupakan lapisan sel-sel yang terletak paling luar.

Jaringan merupakan organisasi sel, namun suatu jaringan saja tidak dapat melakukan fungsi yang lebih besar tanpa bekerjasama dengan jaringan lain. Oleh karena itu jaringanjaringan saling bekerjasama membentuk organ.

Misalnya organ daun tersusun atas jaringan parenkim palisade, parenkim spons, jaringan pengangkut, dan jaringan epidermis.

Beberapa organ kemudian bersatu membentuk sistem organ. Sebagai contoh sistem pernapasan tersusun atas laring, trakea, bronkus, dan paru-paru. Tubuh organisme tersusun atas beberapa sistem organ. Coba kamu sebutkan berbagai sistem organ yang menyusun tubuh manusia. Urutan organisasi dari sel membentuk jaringan, jaringan membentuk organ, organ membentuk sistem organ inilah yang disebut organisasi kehidupan.

0 Response to "Pengertian dan Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan"

Post a Comment