Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Kebutuhan Manusia

Loading...
Pada artikel kali ini kita akan membahas materi tentang kebutuhan manusia meliputi pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia, jenis-jenis kebutuhan manusia, pengertian kebutuhan primer, contoh kebutuhan primer, pengertian kebutuhan sekunder, contoh kebutuhan sekunder, contoh kebutuhan tersier, pengertian kebutuhan jasmani, contoh kebutuhan jasmani, pengertian kebutuhan rohani, contoh kebutuhan rohani, contoh kebutuhan individu, dan contoh kebutuhan kelompok.

Kebutuhan Manusia

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya pun semakin berkembang sehingga ilmu ekonomi pun semakin berkembang menjadi ilmu modern yang banyak memberikan manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia.

Dalam ilmu ekonomi, kita ketahui bahwa terdapat ketidak seimbangan antara jumlah alat pemuas kebutuhan dengan banyaknya kebutuhan manusia. Dengan kata lain, terdapat kelangkaan (scarcity) sumber daya sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia sehingga diperlukan keterampilan memilih dan menentukan skala prioritas kebutuhan.

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan adalah sejumlah keinginan manusia yang harus dipenuhi dan jika tidak terpenuhi dapat mengakibatkan efek negatif bagi keberlangsungan hidupnya. 
Kebutuhan manusia sangat banyak dan beraneka ragam. Secara umum dapat dikelompokkan berdasarkan intensitas, sifat, waktu, wujud, dan subjeknya.

1. Kebutuhan berdasarkan intensitasnya, 

dikelompokkan menjadi berikut ini.
  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi sebelum memenuhi kebutuhan yang lain, contoh: kebutuhan akan makanan, pakaian, dan rumah.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pelengkap yang baru akan dipenuhi jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, contoh: kebutuhan rekreasi atau barang pelengkap seperti TV, radio, sepeda motor.
  3. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang sifatnya lebih kepada kesenangan yang akan dipenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi, contoh: membeli mobil mewah, liburan ke luar negeri, membangun vila untuk tempat peristirahatan keluarga.

2. Kebutuhan berdasarkan sifatnya,

dikelompokkan menjadi berikut ini.
  1. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh benda-benda secara fisik atau lahiriah, contoh: kebutuhan akan makan, minum, tidur, olahraga
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dipenuhi untuk tuntutan jiwa/rohani tidak secara fisik, contoh: kebutuhan siraman agama, kebutuhan pendidikan, rekreasi, dan mendengar musik.

3. Kebutuhan berdasarkan waktunya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi sekarang juga dan tidak bisa ditunda, contoh: obat untuk orang sakit.
  2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan sekarang dengan tujuan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pada masa yang akan datang, contoh: menabung untuk hari tua, asuransi.

4. Kebutuhan berdasarkan wujudnya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan material/berwujud adalah kebutuhan terhadap barang-barang yang sifatnya dapat dirasakan oleh panca indra, contoh: makanan, pakaian, rumah.
  2. Kebutuhan immaterial adalah kebutuhan terhadap barang-barang yang sifatnya tidak dapat dirasakan bentuk fisiknya, contoh: liburan, rekreasi, mendengarkan musik.

5. Kebutuhan berdasarkan subjeknya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan oleh seseorang secara pribadi, contoh: kebutuhan makanan tertentu, kebutuhan obat tertentu, kebutuhan kacamata.
  2. Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan secara bersama oleh kelompok tertentu, contoh: kebutuhan akan tempat ibadah, kebutuhan kebersihan lingkungan.

Lihat juga: Manusia Sebagai Makhluk Sosial

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Kebutuhan Manusia"

Post a Comment