Makna dan Tujuan dari Fungsi Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan

Dalam artikel ini kita akan membahas materi tentang fungsi interaksi sosial, tujuan interaksi sosial, makna interaksi sosial, keselarasan dan pengaruh interaksi sosial.


Makna dan Tujuan dari Fungsi Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan

Arti Keselarasan

Keselarasan memiliki makna sesuatu yg serasi sejalan dan tidak bertentangan, saling melekat, saling membutuhkan dan saling menghargai.

Makna Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial yang bersifat dinamis dan ini merupakan bentuk umum proses sosial. Proses interaksi sosial biasanya diawali dengan kontak dan hubungan sosial dan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan manusia sebagai makhluk sosial.

Melalui proses interaksi sosial, kita dapat melihat dan saling memahami latar belakang dan motivasi tindakan seseorang ataupun kelompok masyarakat dalam berhubungan dengan pihak lain.

Kecenderungan arah tindakan baik perseorangan ataupun kelompok, perlu diketahui dengan baik terutama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada masa datang. Interaksi sosial merupakan proses yang terjadi setiap saat dan di setiap tempat. Semua dilakukan sebagai wujud bahwa manusia membutuhkan orang lain, tidak dapat hidup sendirian di mana pun ia berada.

Dalam kehidupan yang terisolasi, interaksi sosial akan terlihat dan terasa menjadi sangat penting. Kehidupan terisolasi atau terasing dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya karena secara fisik seseorang sama sekali diasingkan dari hubungan dengan orang-orang di sekitarnya atau dapat juga terjadi karena adanya ketidaksempurnaan pada salah satu indranya. Mungkin juga karena pengaruh perbedaan ras atau kebudayaan yang pada akhirnya menimbulkan prasangka yang menyebabkan pengasingan ataupun dapat juga karena ketidakmampuan seseorang atau suatu kelompok sosial untuk mengadakan interaksi sosial dengan orang atau pihak lain.

Sebagai akibat dari adanya proses interaksi sosial, diharapkan dapat menyebabkan keselarasan dan keharmonisan hubungan antarsesama manusia dalam suatu masyarakat. Untuk menggapainya perlu diciptakan proses sosial yang sifatnya saling toleransi ketika dihadapkan pada perbedaan di antara pihak yang saling berinteraksi.

Selain itu, perlu diciptakan norma-norma yang mengatur agar proses interaksi sosial berjalan secara selaras, seimbang, dan melahirkan keeratan hubungan emosional antarpihak yang berinteraksi.

Lahirnya tata tertib, peraturan-peraturan pemerintah sampai kepada undang-undang pada dasarnya merupakan salah satu wujud agar proses interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dapat berjalan secara selaras dan seimbang.

Dengan demikian, tidak menimbulkan dan mengembangkan akibat-akibat negatif dari proses interaksi sosial yang berjalan.

Baca juga: Faktor-faktor Proses Sosial
loading...

0 Response to "Makna dan Tujuan dari Fungsi Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan"

Post a Comment