Macam-macam Organ dan Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Loading...
Pada pembahasan dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai organ pada tumbuhan, organ tumbuhan, sistem organ, sistem organ pada tumbuhan, macam-macam organ tumbuhan, organ batang, organ akar, dan fungsi organ pada tumbuhan.

Macam-macam Organ Pada Tumbuhan

Organ utama tumbuhan terdiri dari akar, batang, dan daun. Organ yang lain seperti bunga dan buah dianggap sebagai modifikasi dari salah satu organ utama tersebut, misalnya bunga merupakan modifikasi dari daun. Setiap organ tumbuhan memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Fungsi Macam-macam Organ Tumbuhan

Akar, berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral serta memperkuat berdirinya tumbuhan. Susunan anatomi akar dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan pembuluh pengangkut (xilem dan floem).

Batang, berfungsi untuk menopang keseluruhan organ tumbuhan seperti daun, bunga, dan buah. Batang juga berfungsi mengantarkan air dari akar ke daun dan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Jaringan yang menyusun batang adalah jaringan epidermis, pengangkut, parenkim, dan penguat.

Daun, berfungsi sebagai tempat melakukan fotosintesis dan penguapan air. Daun tersusun atas jaringan epidermis atas, jaringan tiang (palisade), jaringan bunga karang (spons), jaringan pengangkut (xilem dan floem), dan epidermis bawah. Pada epidermis daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat penguapan dan pengambilan gas-gas yang dibutuhkan.

0 Response to "Macam-macam Organ dan Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya"

Post a Comment