Pengertian dan Tujuan Akomodasi serta Macam-macam Bentuk Akomodasi dan Contohnya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang akomodasi yang meliputi pengertian akomodasi, macam macam akomodasi, bentuk bentuk akomodasi, tujuan akomodasi, contoh akomodasi, definisi akomodasi.

Pengertian Akomodasi (Accomodation)

Apakah yang dimaksud dengan akomodasi?
Akomodasi yaitu suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk meredakan konflik atau ketegangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. 
Tujuan dari akomodasi adalah untuk mengurangi dan menyelesaikan konflik antarindividu atau kelompok masyarakat sebagai akibat adanya perbedaan paham sehingga diharapkan akan timbul kerja sama di antara individu yang sedang konflik tersebut.

Macam-macam Bentuk Akomodasi

Bentuk-bentuk akomodasi sebagai suatu proses biasanya terdiri atas berikut ini.
  1. Kompromi (Compromise) adalah bentuk akomodasi di mana masing-masing pihak yang bertikai berupaya mengurangi tuntutannya sehingga perselisihan dapat terselesaikan.
  2. Paksaan (Coercian) adalah bentuk akomodasi, di mana ancaman, tekanan, atau kekuatan fisik menjadi alat penyelesaian konflik di antara pihak yang bertikai.
  3. Mediasi (Mediation) adalah bentuk akomodasi yang melibatkan pihak ketiga dalam upaya penyelesaian konflik yang terjadi. Sifat keputusan pihak ketiga biasanya tidak mengikat.
  4. Arbitrasi (Arbitration) bentuk akomodasi yang melibatkan pihak ketiga dalam upaya penyelesaian konflik yang terjadi. Sifat keputusan pihak ketiga biasanya mengikat.
  5. Toleransi (Tolerantion) adalah suatu sikap yang menunjukkan adanya saling memahami atas sikap pihak lain yang tidak disetujui.
  6. Konsiliasi (Conciliation) adalah suatu upaya untuk mempertemukan pihak-pihak yang bertikai agar tercapai kesepakatan.
  7. Ajudikasi (Adjudication) adalah upaya penyelesaian konflik yang dilakukan secara damai dengan bantuan yang berwenang. Tujuannya agar pihak yang bertikai mendapatkan keadilan.
  8. Stalemate adalah penyelesaian konflik yang tercapai dengan sendirinya. Biasanya, disebabkan adanya kekuatan yang berimbang di antara pihak yang bertikai.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Akomodasi serta Macam-macam Bentuk Akomodasi dan Contohnya"

Post a Comment