Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang ganggang atau alga yang meliputi pengertian ganggang, contoh ganggang, macam macam ganggang, bentuk bentuk ganggang, jenis jenis ganggang, ciri ciri ganggang, definisi ganggang, peranan ganggang, pengertian alga, contoh alga, macam macam alga, bentuk bentuk alga, jenis jenis alga, ciri ciri alga, definisi alga, peranan alga.

Pengertian Ganggang (Alga)

Alga (jamak Algae) adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. 
Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki "organ" seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya). Karena itu, alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus.

Ciri-ciri Ganggang (Alga)

Kamu tentu pernah melihat air kolam atau sungai yang berwarna hijau. Warna hijau itu disebabkan karena melimpahnya ganggang yang hidup di perairan itu. Selain hidup di perairan air tawar, ganggang juga dapat ditemukan di air laut dan di tempat-tempat lembab seperti tanah, tembok, dan kulit pepohonan.

Ganggang mempunyai ciri-ciri yang menyerupai tumbuhan, yaitu mempunyai dinding sel dan berklorofil untuk fotosintesis. Selain klorofil, ganggang mempunyai pigmen atau zat warna yang lain.

Berdasarkan pigmen utamanya, alga dapat dikelompokkan menjadi ganggang hijau, ganggang cokelat, ganggang merah, dan ganggang keemasan/pirang.

Macam-macam Contoh Ganggang (Alga)

Perhatikan contoh ganggang berikut ini.
  1. Chlorella, (ganggang hijau), dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi.
  2. Sargassum siliquosum (ganggang cokelat), hidup menempel di bebatuan sepanjang pantai berbatu daerah tropis. Ukurannya beragam, dari yang kecil hingga yang mencapai panjang puluhan meter.
  3. Eucheuma spinosum (ganggang merah), dikenal sebagai rumput laut yang menghasilkan agar-agar.
  4. Diatom (ganggang pirang), umumnya hidup sebagai plankton di laut. Diatom yang telah mati cangkangnya mengendap di dasar laut membentuk tanah diatom (tanah kersik) yang dapat digunakan sebagai bahan penyaring, bahan cat, dan bahan pelicin (amplas).

0 Response to "Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)"

Post a Comment