Pengertian Zaman Prasejarah (Pra Aksara) dan Pembagian (Pembabakan) Zaman Prasejarah

Berikut ini adalah pembahasan tentang zaman prasejarah yang meliputi pengertian zaman praaksara, pengertian zaman prasejarah, pembabakan zaman prasejarah, pengertian masa pra aksara, zaman mesozoikum, zaman neozoikum, zaman paleozoikum, zaman arkaekum, pembabakan zaman pra aksara, ciri ciri zaman neolitikum, pembagian zaman batu, pembagian zaman prasejarah, pembagian zaman pra aksara, pembagian zaman berdasarkan geologi, peninggalan zaman pra aksara, pembagian zaman berdasarkan arkeologi.

Pengertian Zaman Prasejarah (Pra Aksara)

Untuk lebih memahami tentang zaman pra-aksara atau prasejarah, kamu dapat memulainya dengan menelusuri sejarah munculnya makhluk hidup di muka bumi karena hal tersebut merupakan awal dari zaman prasejarah.
Zaman prasejarah yaitu suatu pembabakan dalam periode sejarah yang belum mengenal tulisan sehingga kehidupan masyarakatnya sangat sederhana. 
Pemenuhan kebutuhan hidup masih diperoleh dengan cara berburu dan memungut bahan makanan yang tersedia di alam. Dalam perkembangannya, masyarakat prasejarah mulai menemukan benda-benda dari logam untuk bercocok tanam.

Penemuan benda-benda dari logam ini sekaligus menandai mulai berakhirnya zaman prasejarah yang disebut juga zaman protosejarah. Zaman ini sering disebut juga zaman nirleka atau zaman pra-aksara.

Pembabakan Zaman Prasejarah (Pra Aksara) di Indonesia

Zaman pra-aksara di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa babak sebagai berikut.

1. Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Geologi atau ilmu bumi yaitu ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan hal ini, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman, yaitu arkaekum, paleozoikum, mesozoikum dan neozoikum. Baca selengkapnya....

2. Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Arkeologi

Pembabakan zaman prasejarah menurut arkeologi dibedakan menjadi zaman batu dan zaman logam. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan dari cara pengerjaannya, maka zaman batu terbagi menjadi empat, yaitu zaman batu tua atau kebudayaan Palaeolithikum, zaman batu madya atau kebudayaan Mesolithikum, zaman batu muda atau kebudayaan Neolithikum, dan zaman batu besar Megalithikum. Baca selengkapnya....

loading...

0 Response to "Pengertian Zaman Prasejarah (Pra Aksara) dan Pembagian (Pembabakan) Zaman Prasejarah "

Post a Comment