Pengertian Tenaga Endogen dan Macam-macam Jenis Contoh Tenaga Endogen beserta Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu tenaga pembentuk permukaan bumi yaitu tenaga endogen yang meliputi pengertian tenaga endogen, macam macam tenaga endogen, jenis jenis tenaga endogen, contoh tenaga endogen, bentuk tenaga endogen, dampak positif tenaga endogen, dampak negatif tenaga endogen, akibat tenaga endogen, proses endogen, yang termasuk tenaga endogen, bentuk muka bumi akibat tenaga endogen.

Pengertian Tenaga Endogen

Tenaga Endogen atau yang biasa disebut tenaga tektonik adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun.
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. 
Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit, atau pegunungan. Tenaga endogen terdiri atas gempa bumi, vulkanisme, dan proses diatropisme.

Macam-macam Jenis Tenaga Endogen

Diantara bentuk-bentuk tenaga endogen adalah sebagai berikut;

1. Gempa Bumi

Gempa bumi yaitu hentakan dari bumi yang menyebabkan tanah berguncang. Gempa terjadi akibat proses endogenik yang dihasilkan ketika lapisan batu-batuan di bawah tanah bergerak. Kerusakan terjadi ketika guncangan mencapai permukaan. Getaran gempa dimulai dari bawah tanah di suatu titik yang disebut fokus.

Selanjutnya, getaran merambat dari fokus dalam bentuk lingkaran konsentrik, seperti riak gelombang yang merambat di permukaan air. Akibat dari peristiwa gempa bumi biasanya terjadi kerusakan, dan kerusakan yang paling besar terjadi pada episentrum, yaitu titik pada permukaan tepat di fokus.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Gempa Bumi

2. Proses Diatropisme

Proses Diatropisme yaitu proses yang termasuk ke dalam pembentukan permukaan bumi yang berasal dari tenaga endogen tanpa dipengaruhi magma. Proses diatropisme merupakan proses struktural yang menyebabkan adanya proses lipatan dan patahan.

1) Lipatan

Lipatan terjadi karena pergerakan tenaga endogen yang sifatnya mendatar dari dua arah yang berlawanan. Bagian lipatan yang merupakan puncak disebut antiklinal dan bagian yang rendah atau lembah disebut sinklinal.

Contoh daerah lipatan yang besar adalah daerah pegunungan lipatan muda mediterania. Macam-macam lipatan berdasarkan ketegakan posisi sumbu dan bentuk pelipatannya terdiri atas lipatan tegak, lipatan rebah, lipatan condong, dan lipatan kelopak.

2) Patahan

Patahan yaitu bentukan alam sebagai akibat adanya proses pematahan pada lapisan batuan pembentuk kulit bumi. Patahan biasanya terjadi karena adanya retakan pada suatu bentangan. Patahan dapat juga terjadi karena adanya pengurangan lapisan dalam kerak bumi, contohnya karena letusan vulkanisme sehingga satu bagian kulit bumi merosot ke daerah sekitarnya.

3. Vulkanisme

Vulkanisme yaitu aktivitas magma yang bergerak dari lapisan litosfer dan menyusup ke lapisan lebih atas atau sampai ke permukaan bumi. Peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi disebut juga erupsi gunung api.

Magma adalah bahan silikat cair pijar yang terdiri atas benda padat, cair, dan gas yang terdapat di dalam lapisan litosfer bumi. Dalam keadaan normal, temperatur magma berkisar antara 900 sampai 1.200 derajat celcius.

Gerakan magma yang berhenti ketika menuju ke permukaan bumi disebut intrusi, sedangkan gerakan magma yang berhasil sampai ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma.

Gunung berapi adalah lubang atau celah pada lapisan kerak bumi yang mengeluarkan batu-batuan lebur, abu serta gas. Gunung berapi sering terbentuk dari titik-titik rapuh di kerak bumi, terutama sepanjang perbatasan lempeng bumi.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Bentuk Gunung Api

Gunung berapi meletus ketika batuan lebur yang disebut magma menembus lapisan mantel bumi. Magma mencapai permukaan melalui suatu celah lapisan kerak bumi, magma yang menembus ke permukaan disebut lava.

Baca juga: Tenaga Pembentuk Permukaan Bumi
Loading...

0 Response to "Pengertian Tenaga Endogen dan Macam-macam Jenis Contoh Tenaga Endogen beserta Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen"

Post a Comment