Pengertian Tenaga Eksogen dan Macam-macam Jenis Bentuk Tenaga Eksogen beserta Contohnya

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bentuk tenaga pembentuk permukaan bumi yaitu tenaga eksogen yang meliputi pengertian tenaga eksogen, definisi tenaga eksogen, contoh tenaga eksogen, macam macam tenaga eksogen, jenis jenis tenaga eksogen, akibat tenaga eksogen.

Pengertian Tenaga Eksogen

Apakah yang dimaksud dengan tenaga eksogen?
Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi yang dapat membentuk dan mempengaruhi permukaan bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi.
Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi, berupa pelapukan dan erosi yang sifatnya merusak permukaan bumi. 
Perubahan yang dilakukan tenaga eksogen pada permukaan bumi disebut proses geomorfi. Proses ini akan dilakukan oleh benda-benda yang mempunyai kemampuan mengikis dan menghancurkan material pembentuk muka bumi yang disebut geomorfi, seperti tetesan air yang ada di gua-gua membentuk stalaktit dan stalakmit, terjangan ombak terhadap batu karang, aliran gletser, dan tiupan angin.

Berdasarkan hasilnya, proses geomorfi dibedakan menjadi degradasi dan agradasi.
  • Degradasi adalah suatu proses yang menyebabkan turunnya ketinggian suatu permukaan bumi, yang meliputi proses pelapukan, erosi, dan masswasting. 
  • Adapun agradasi adalah suatu proses yang menyebabkan naiknya suatu permukaan bumi yang meliputi sedimentasi atau pengendapan.

Macam-macam Jenis Tenaga Eksogen

Untuk lebih memahami jenis-jenis dari proses geomorfi perhatikan uraian berikut.

a. Pelapukan

Pelapukan yaitu proses penghancuran batuan kulit bumi pada tempatnya yang dipengaruhi temperatur dan kelembapan udara di sekelilingnya, susunan pembentuk batuan, dan kelebatan vegetasi tumbuhan yang ada di sekitar batuan.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Pelapukan beserta Contohnya

b. Erosi

Erosi yaitu proses pengikisan terhadap batuan atau tanah yang terjadi oleh air, angin, dan gletser.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Erosi dan Faktor Penyebab Terjadinya Erosi

c. Sedimentasi

Sedimentasi yaitu proses penempatan atau penumpukan material hasil pelapukan, erosi, dan maswasting ke tempat tertentu oleh air, angin maupun gletser.

Contoh hasil sedimentasi pada permukaan bumi adalah sebagai berikut.
  1. Air laut dekat pantai yang datar biasanya terdapat endapan pasir yang disebut gisong pasir.
  2. Batuan yang diangkut oleh luncuran gletser diendapkan pada perjalanannya yang terakhir ialah tempat es mencair yang disebut morena.
  3. Debu yang diangkut oleh angin diendapkan di tempat lain yang berupa bukitbukit pasir yang disebut sand dunes.
  4. Di muara-muara sungai terdapat endapan berupa delta sungai.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Tenaga Endogen
Loading...

0 Response to "Pengertian Tenaga Eksogen dan Macam-macam Jenis Bentuk Tenaga Eksogen beserta Contohnya"

Post a Comment