Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Jenis Contoh Pelapukan (Pelapukan Kimia, Fisika dan Biologi)

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bentuk tenaga eksogen (tenaga pembentuk permukaan bumi) yaitu pelapukan yang meliputi pengertian pelapukan, pelakukan mekanik, pelapukan kimiawi, pelapukan biologis, macam macam pelapukan, jenis jenis pelapukan, contoh pelapukan, proses pembentukan tanah, contoh pelapukan fisika, contoh pelapukan biologi, contoh pelapukan kimia, contoh pelapukan mekenik, pelapukan fisika, pelapukan organik.

Pengertian Pelapukan

Apakah yang dimaksud dengan pelapukan?
Pelapukan adalah peristiwa penghancuran massa batuan, baik secara fisika, kimiawi, maupun secara biologis.
Pelapukan yaitu proses penghancuran batuan kulit bumi pada tempatnya yang dipengaruhi temperatur dan kelembapan udara di sekelilingnya, susunan pembentuk batuan, dan kelebatan vegetasi tumbuhan yang ada di sekitar batuan. 

Macam-macam Jenis Pelapukan dan Contohnya

Berdasarkan prosesnya, pelapukan dibedakan menjadi tiga jenis berikut ini.

1) Pelapukan mekanis (Fisika)

Pelapukan mekanis (fisika) adalah pelapukan yang sifatnya merombak batuan secara mekanik tanpa mengubah sifat batuannya. 
Pelapukan ini dapat terjadi akibat perbedaan temperatur udara antara siang malam dan beku celah.

a) Perbedaan temperatur udara antara siang dan malam

Pada siang hari, batuan mengalami pemuaian, pada malam hari temperatur udara turun sangat rendah yang menyebabkan batuan menyusut sangat cepat. Hal ini akan menyebabkan batuan menjadi retak-retak akhirnya hancur. Pelapukan seperti ini dinamakan granular disintegration.

b) Beku celah

Celah-celah batuan di daerah sedang atau daerah sekitar kutub dapat kemasukan air. Pada musim panas, musim dingin, atau malam hari air pada celah batuan menjadi es, jumlahnya bertambah besar sehingga batuan akan pecah akibat terdesak oleh es yang ada di dalam celah-celah batuan tersebut. Peristiwa ini disebut eksfoliations.

2) Pelapukan kimiawi

Pelapukan kimiawi adalah pelapukan yang terjadi akibat peristiwa kimia seperti proses penghancuran batuan dengan cara dilarutkan oleh zat cair seperti air hujan. 
Gejala pelarutan ini akan lebih cepat jika air tersebut mengenai batuan kapur atau batuan gamping.

3) Pelapukan biologis

Pelapukan biologis adalah pelapukan yang terjadi akibat proses biologis atau organis, yaitu proses penghancuran batuan dengan bantuan makhluk hidup oleh manusia, hewan, maupun tumbuhan. 
Misalnya, batuan atau bangunan akan retak akibat pertumbuhan tanaman yang menyebabkan akarnya menjadi semakin besar.

Baca juga: Macam-macam Tenaga Endogen
Loading...

0 Response to "Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Jenis Contoh Pelapukan (Pelapukan Kimia, Fisika dan Biologi)"

Post a Comment