Pengertian Erosi, Faktor Penyebab dan Macam-macam Jenis Erosi beserta Contohnya

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bentuk tenaga enksogen yaitu erosi yang meliputi pengertian Erosi, macam macam Erosi, Jenis jenis erosi, contoh erosi, penyebab terjadinya erosi, pengikisan tanah oleh angin, cara mencegah erosi, pengertian abrasi, proses terjadinya erosi, pengertian erosi tanah, pengikisan tanah oleh angin disebut, faktor penyebab erosi.

Pengertian Erosi

Apakah yang dimaksud dengan erosi?
Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi, atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang, dalam hal ini disebut bio-erosi.
Erosi yaitu proses pengikisan terhadap batuan atau tanah yang terjadi oleh air, angin, dan gletser. 

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Erosi

Banyaknya erosi tergantung berbagai faktor, diantaranya;
  1. Faktor Iklim, termasuk besarnya dan intensitas hujan / presipitasi, rata-rata dan rentang suhu, begitu pula musim, kecepatan angin, frekuensi badai. 
  2. Faktor geologi termasuk tipe sedimen, tipe batuan, porositas dan permeabilitasnya, kemiringn lahan. 
  3. Faktor biologis termasuk tutupan vegetasi lahan,makhluk yang tinggal di lahan tersebut dan tata guna lahan oleh manusia.

Macam-macam Jenis Erosi

Erosi dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya menjadi sebagai berikut.

1) Erosi air

Erosi air dapat dikelompokan menjadi berikut ini.
  1. Erosi sungai yaitu erosi yang disebabkan oleh pergerakan air sungai. Erosi sungai terdiri dari erosi dasar dan erosi tepi. Erosi dasar yaitu erosi sungai yang terjadi pada dasar sungai yang biasanya dapat menyebabkan dasar sungai menjadi semakin dalam, sedangkan erosi tepi adalah erosi yang pengikisannya terjadi pada tepi sungai yang biasanya dapat menyebabkan pelebaran pada sisi kiri kanan sungai.
  2. Erosi air hujan yaitu erosi yang terjadi akibat permukaan tanah yang gundul tanpa tanaman yang tumbuh di atasnya, terutama biasanya terjadi di daerah yang struktur tanahnya miring dan gembur sehingga jika terjadi hujan maka akan terjadi erosi.
  3. Erosi air laut atau abrasi adalah erosi yang terjadi akibat pergerakan air laut. Erosi ini biasanya terjadi di daerah yang pantainya curam sehingga membentuk gua-gua pantai.

2) Erosi angin

Erosi angin yaitu erosi yang disebabkan oleh angin, biasanya dapat menyebabkan terkikisnya batuan. Pengikisan batuan oleh angin disebut koras. Hasil pengikisan angin terhadap batuan, misalnya batu jamur di daerah gurun pasir.

3) Erosi gletser

Erosi gletser atau eksharasi adalah erosi yang disebabkan oleh pergerakan gletser, biasanya banyak terdapat di gunung bersalju dan kutub. Erosi ini terjadi akibat es atau salju yang mencair dan bergerak turun melalui lembah-lembah pegunungan.

Baca juga: Macam-macam Jenis Pelapukan
Loading...

0 Response to "Pengertian Erosi, Faktor Penyebab dan Macam-macam Jenis Erosi beserta Contohnya"

Post a Comment