Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tenang Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang meliputi pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan, rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan,  grafik gerak lurus berubah beraturan, contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari hari, contoh glbb dalam kehidupan sehari hari, contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan, contoh soal Gerak Lurus Berubah Beraturan, gerak melingkar berubah beraturan, rumus glbb diperlambat, rumus glbb dipercepat.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Setelah kamu memahami definisi percepatan, tahukah kamu apakah gerak lurus berubah beraturan itu? Perhatikan Sebuah bola yang dijatuhkan dari suatu ketinggian.

Kamu dapat mengamati bahwa jarak antara dua kedudukan bola yang berdekatan bertambah secara tetap. Hal ini berarti bola yang dijatuhkan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya.

Dari contoh tersebut, kamu dapat mendefinisikan gerak lurus berubah beraturan.
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya atau mengalami percepatan yang sama.
Gerak lurus suatu benda yang perubahan kecepatannya selalu bertambah disebut gerak lurus dipercepat. Sedangkan gerak suatu benda yang perubahan kecepatannya selalu berkurang disebut gerak lurus diperlambat.

Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kamu contoh aplikasi gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah beberapa contoh gerak lurus berubah beraturan yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Mobil yang bergerak dipercepat dengan menekan pedal gas atau mobil yang bergerak diperlambat dengan menekan pedal rem.
  2. Gerak benda yang dijatuhkan. Misalnya, buah mangga yang jatuh dari tangkainya.
  3. Gerak batu yang dilempar ke atas sehingga kecepatan batu berkurang secara bertahap.

Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Tahukah kamu bagaimana bentuk grafik kecepatan terhadap waktu untuk gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan? Perhatikan Gambar di baawah ini!
Grafik kecepatan terhadap waktu untuk: a. gerak lurus beraturan b. gerak lurus berubah beraturan dipercepat c. gerak lurus berubah beraturan diperlambat
Gambar: Grafik kecepatan terhadap waktu untuk: 
a. gerak lurus beraturan 
b. gerak lurus berubah beraturan dipercepat 
c. gerak lurus berubah beraturan diperlambat
Benda yang bergerak lurus beraturan selalu memiliki kecepatan tetap sehingga grafik v–t untuk gerak lurus beraturan adalah mendatar, seperti yang ditunjukkan Gambar (a).

Untuk benda yang bergerak lurus berubah beraturan selalu memiliki percepatan tetap. Jika percepatan searah dengan kecepatan, kecepatan benda akan bertambah secara tetap sehingga bentuk grafik v–t pada gerak lurus berubah beraturan dipercepat miring ke atas, seperti ditunjukkan pada Gambar (b). Semakin miring garisnya, semakin besar percepatan benda tersebut.

Jika percepatan berlawanan arah dengan kecepatan, kecepatan benda akan berkurang secara tetap sehingga bentuk grafik v–t pada gerak lurus berubah beraturan diperlambat miring ke bawah, seperti ditunjukkan pada Gambar (c). Semakin miring garisnya, semakin besar perlambatan benda tersebut.

0 Response to "Pengertian dan Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) beserta Contoh GLBB dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment