Dampak Positif dan Negatif dari Tenaga Endogen dan Eksogen Bagi Kehidupan

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang dampak tenaga endogen dan eksogen yang meliputi dampak positif tenaga endogen, dampak positif tenaga eksogen, dampak negatif tenaga endogen, dampak negatif tenaga eksogen, dampak positif vulkanisme, sebutkan dampak positif tenaga endogen bagi kehidupan, dampak positif dari tenaga endogen, dampak positif proses alam endogen, akibat dari tenaga endogen, dampak positif dari vulkanisme.

Dampak Tenaga Endogen dan Eksogen

Sesungguhnya akibat proses pembentukan bumi secara alamiah banyak membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, terdapat pula sebagian proses pembentukan muka bumi, baik yang berasal dari tenaga endogen maupun eksogen yang membawa akibat negatif bagi kehidupan manusia.

Kamu pasti masih ingat gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Nangroe Aceh Darussalam pada tahun 2004 lalu yang banyak membawa korban jiwa serta kerusakan berbagai fasilitas umum yang terdapat di sekitarnya.

Dampak positif dan negatif dari proses pembentukan bumi lebih jelasnya akan diuraikan dalam penjelasan sebagai berikut.

Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak Positif, di antaranya sebagai berikut.
  1. Tenaga endogen dapat membentuk relief permukaan bumi yang sangat beraneka ragam mulai dari pegunungan dan danau yang dapat kita nikmati keindahannya, sungai dan lautan yang dapat kita manfaatkan segala yang terdapat di dalamnya, seperti ikan dan taman laut.
  2. Proses vulkanisme seperti letusan gunung berapi, debu vulkaniknya dapat membuat tanah di sekitarnya menjadi subur sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk lahan pertanian. Selain itu, juga dapat menghasilkan batuan dan mineral logam yang bernilai ekonomis, seperti granit, basalt, emas, baja, dan belerang.

Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak negatif, di antaranya sebagai berikut.
  1. Dengan adanya tenaga endogen dan eksogen, seperti tektonisme dan vulkanisme, dapat mendatangkan bencana yang besar seperti ketika terjadinya letusan gunung berapi. Kamu mungkin pernah mendengar tahun 1815 Gunung Tambora di Indonesia yang mengakibatkan 92.000 jiwa meninggal karena letusan, tersapu gelombang pasang, atau wabah kelaparan setelah letusan.
  2. Bencana gempa dan tsunami selain menimbukan korban jiwa, biasanya menyebabkan fasilitas umum atau sarana dan prasarana di sekitarnya rusak total sehingga membutuhkan biaya yang sangat besar untuk membangunnya kembali, contohnya gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004.

Cara Menanggulangi Dampak Tenaga Endogen dan Eksogen

Untuk menanggulangi berbagai dampak, khususnya dampak negatif dari adanya tenaga endogen dan eksogen. di antaranya dapat dilakukan upaya-upaya sebagai berikut.
  1. Pemanfaatan SDA yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia hendaknya dilakukan secara proporsional dan profesional.
  2. Sikap hidup kita yang lebih bijak dalam menjaga alam sekitar, saat ini manusia telah banyak mengakibatkan lingkungan bumi mulai tidak nyaman, suhu bumi semakin meningkat dan udara dipenuhi oleh gas-gas berbahaya seperti polusi dan pemanasan global. Dengan demikian, upaya penyadaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan yang dimulai dari diri sendiri harus diprogramkan secara berkelanjutan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dapat meramalkan terjadinya suatu gempa atau letusan gunung berapi, baik waktu maupun tempatnya. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan dapat diinformasikan kepada masyarakat berupa peringatan dini untuk mencegah banyaknya korban jiwa.

Baca juga: Macam-macam Tenaga Eksogen
Loading...

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif dari Tenaga Endogen dan Eksogen Bagi Kehidupan"

Post a Comment