Perbedaan Pengertian Kelajuan dan Kecepatan beserta Rumusnya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang kelajuan dan kecepatan yang meliputi perbedaan kelajuan dan kecepatan, pengertian kelajuan, pengertian kecepatan, rumus kelajuan, rumus kecepatan, rumus kecepatan rata rata, rumus mencari kecepatan, rumus kelajuan rata rata.

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Setelah kamu memahami perbedaan antara jarak dan perpindahan, tahukah kamu perbedaan antara kelajuan dan kecepatan? Suatu benda yang bergerak lurus, jarak terhadap posisi awalnya (s) terus berubah sesuai dengan selang waktunya (t).

Dapat kita nyatakan pengertian kelajuan dan kecepatan sebagai berikut.
Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memerhatikan arahnya, sedangkan kecepatan adalah kelajuan dengan memerhatikan arahnya.

Rumus Kelajuan

Secara matematis, persamaan kelajuan dapat didefinisikan sebagai berikut.


Keterangan:
v = kelajuan (m/s)
s = jarak (m)
t = selang waktu (s)

Tahukah kamu bagaimana grafik benda yang bergerak dengan laju tetap? Benda yang bergerak dengan laju tetap, dapat dinyatakan dalam grafik laju (v) terhadap waktu (t) dan jarak (s) terhadap waktu (t), seperti yang ditunjukkan Gambar di bawah ini.
a. Grafik laju (v) terhadap waktu (t). b. Grafik jarak (s) terhadap waktu (t).
Gambar: a. Grafik laju (v) terhadap waktu (t).
b. Grafik jarak (s) terhadap waktu (t).

Meskipun satuan kelajuan dalam SI adalah m/s, pada kehidupan sehari-hari sering kamu jumpai satuan kelajuan dalam km/jam.

Nah, tahukah kamu bagaimana mengubah satuan m/s ke dalam km/jam atau sebaliknya? Agar kamu lebih memahaminya, mari kita konversikan kedua satuan tersebut.


Jadi, dapat kita tuliskan konversi satuan m/s dan km/jam sebagai berikut.


Dalam kehidupan sehari-hari, sulit untuk mempertahankan gerak suatu benda dalam kelajuan yang tetap. Sebagai contoh, ketika kamu naik sepeda, kamu akan mengurangi kelajuan ketika hendak berhenti atau berbelok dan ketika akan berjalan atau setelah berbelok, kamu akan menambah kelajuan kembali.

Hal ini berarti laju suatu benda selalu mengalami perubahan atau laju kendaraan tidaklah tetap. Nah, untuk kasus seperti ini, bagaimanakah menentukan kelajuannya?  Untuk laju yang selalu berubah-ubah, kamu perlu menghitung kelajuan rata-rata.
Kelajuan rata-rata adalah hasil bagi lintasan total yang ditempuh suatu benda dengan selang waktu total yang diperlukan untuk menempuh lintasan tersebut. 

Rumus Kelajuan rata-rata

Secara matematis, kelajuan rata-rata dapat dinyatakan dalam persamaan berikut.



Keterangan:
v = kelajuan rata-rata (m/s)
s = lintasan yang di tempuh benda (m)
t = selang waktu untuk menempuh lintasan (s)

0 Response to "Perbedaan Pengertian Kelajuan dan Kecepatan beserta Rumusnya"

Post a Comment