Perbedaan Pengertian Jarak dan Perpindahan beserta Contohnya

Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang jarak dan perpindahan yang meliputi pengertian jarak, pengertian perpindahan, perbedaan jarak dan perpindahan, contoh jarak, contoh perpindahan.

Berapakah jarak yang kamu tempuh ketika berangkat sekolah? Berapa kecepatan mobil itu? Gerak dan kecepatan adalah besaran-besaran fisika. Dapatkah kamu menyebutkan besaran-besaran lain yang ada di dalam gerak?

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Perhatikan Gambar di bawah ini!
Perpindahan dari rumah ke pasar, lalu kembali lagi ke rumah.
Gambar: Perpindahan dari rumah ke pasar, lalu kembali lagi ke rumah.

Jika seseorang pergi dari rumah ke pasar, kemudian kembali lagi ke rumah. Tahukah kamu berapakah jarak dan perpindahannya?

Besarnya jarak yang ditempuh merupakan jarak dari rumah ke pasar ditambahkan dengan jarak dari pasar ke rumah. Jadi, jarak yang ditempuh adalah 200 m + 200 m = 400 m.

Adapun untuk menentukan besarnya perpindahan, kamu perlu memerhatikan arah perpindahannya. Perpindahan yang ditempuh adalah 200 m ke arah pasar (+200 m) dan 200 m ke arah rumah yang letaknya berlawanan dengan arah ke pasar (–200 m). Jadi, perpindahan yang telah ditempuh adalah 200 m + (–200 m) = 0 m. 

Hal ini berarti meskipun orang tersebut bergerak, tetapi perpindahan yang dilakukan adalah nol karena kedudukan awal dan akhirnya sama.

Dari pembahasan di atas, dapat kita nyatakan perbedaan pengertian jarak dan perpindahan sebagai berikut.
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memerhatikan arah, sedangkan perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda dengan memerhatikan arahnya.

0 Response to "Perbedaan Pengertian Jarak dan Perpindahan beserta Contohnya"

Post a Comment