Pengertian Harga Keseimbangan Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar serta Grafik (Kurva) Keseimbangan Pasar

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang harga keseimbangan pasar yang meliputi pengertian harga keseimbangan pasar, pengertian harga keseimbangan, definisi harga keseimbangan, contoh harga keseimbangan, kurva keseimbangan pasar, pembentukan harga pasar, grafik keseimbangan pasar, terbentuknya harga pasar, mencari harga keseimbangan.

Pengertian Harga Keseimbangan Pasar

Setiap calon pembeli datang ke pasar sama-sama didorong oleh kebutuhan tertentu dan boleh jadi memiliki kebutuhan yang sama, namun berbeda dalam kemampuan transaksinya.

Secara umum, pembeli dapat dikelompokkan menjadi tiga:
  1. pembeli supermarginal, yaitu pembeli yang daya belinya di atas harga pasar;
  2. pembeli marginal, yaitu pembeli yang daya belinya sama dengan harga pasar;
  3. pembeli submarginal, yaitu pembeli yang daya belinya di bawah harga pasar.
Sama halnya dengan pembeli, penjual pun dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
  1. penjual supermarginal, yaitu penjual yang harga pokoknya di bawah harga pasar;
  2. penjual marginal, yaitu penjual yang harga pokoknya sama dengan harga pasar;
  3. penjual submarginal, yaitu penjual yang harga pokoknya di atas harga pasar.

Pertemuan antara pembeli dan penjual atau antara permintaan dan penawaran menimbulkan proses tawar-menawar tentang harga dan kuantitas barang. Jika telah mencapai kesepakatan maka terjadilah transaksi.

Harga yang terbentuk sebagai hasil kesepakatan antara penjual dan pembeli disebut harga keseimbangan. Adapun jumlah yang disepakati disebut jumlah keseimbangan.
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium atau harga bebas adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. 

Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar 

Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.

Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.

Kurva Keseimbangan Pasar

Jika digambarkan dengan kurva adalah sebagai berikut:
Gambar: Kurva Keseimbangan PasarGambar: Kurva Keseimbangan Pasar
Gambar: Kurva Keseimbangan Pasar

Berdasarkan gambar kurva tersebut, keseimbangan pasar terjadi pada saat titik E, yaitu pada tingkat harga P0 dan jumlah barang sebesar Q0. Harga keseimbangan dapat berubah seiring perubahan permintaan dan penawaran.

Baca juga: Bunyi Hukum Penawaran
Loading...

0 Response to "Pengertian Harga Keseimbangan Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar serta Grafik (Kurva) Keseimbangan Pasar"

Post a Comment