Pengertian Destilasi dan Proses Destilasi Bertingkat Minyak Bumi Menjadi Bahan Bakar

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang destilasi yang meliputi pengertian destilasi, destilasi minyak bumi, proses destilasi minyak bumi, destilasi bertingkat, proses pengolahan minyak bumi, fraksi minyak bumi, proses pembentukan minyak bumi, cara pengolahan minyak bumi, proses pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar, destilasi bertingkat minyak bumi.

Pengertian Destilasi

Apakah yang dimaksud dengan destilasi?
Destilasi adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan titik didih atau berdasarkan kemapuan zat untuk menguap. Dimana zat cair dipanaskan hingga titik didihnya, serta mengalirkan uap ke dalam alat pendingin (kondensor) dan mengumpulkan hasil pengembunan sebagai zat cair.
Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan.

Destilasi Minyak Bumi dengan Distilasi Fraksionasi

Minyak bumi adalah hasil penguraian sisa-sisa organisme renik berjuta-juta tahun yang lampau yang tertimbun lapisan-lapisan sedimen. 
Minyak bumi atau minyak mentah merupakan campuran yang kompleks dari senyawa-senyawa kimia, terutama hidrogen dan karbon.

Campuran ini dipisahkan di industri penyulingan untuk mendapatkan komponen-komponen penyusunnya yang disebut bahan petrokimia atau turunan (derivatif) minyak. Derivatif utama minyak bumi adalah bahan bakar seperti minyak diesel dan bensin.

Minyak mentah dibawa menuju ke tempat penyulingan minyak melalui saluran pipa atau diangkut dengan menggunakan kapal-kapal tanker. Industri penyulingan melakukan proses distilasi fraksionasi untuk memisahkan komponen-komponen minyak mentah.

Distilasi Fraksionasi

Distilasi fraksionasi merupakan proses untuk memisahkan petroleum menjadi fraksinya berdasarkan titik didihnya.
Gas hasil penyulingan mengandung propana dan butana yang kemudian dimampatkan menjadi cairan yang disebut LPG (Liquefied Petroleum Gasses) atau gas elpiji.
Diagram Pemisahan Minyak Mentah Menjadi Berbagai Produk
Gambar: Diagram Pemisahan Minyak Mentah Menjadi Berbagai Produk

Bensin, kerosin, dan minyak diesel digunakan untuk bahan bakar dikirim ke depo atau tempat penyimpanan. Ter dan sejenis minyak yang lengket lain dipakai dalam ketel uap dan pembangkit listrik.

Tidak semua bahan petrokimia dari minyak mentah menjadi bahan bakar. Residu dari distilasi fraksionasi ini dapat dibentuk minyak pelumas, lilin hidrokarbon atau lilin parafin, dan bitumen atau aspal. (Sumber: Ensiklopedia Iptek)

0 Response to "Pengertian Destilasi dan Proses Destilasi Bertingkat Minyak Bumi Menjadi Bahan Bakar"

Post a Comment