Pengertian dan Macam-macam Tenaga Pembentuk Muka Bumi (Tenaga Endogen dan Eksogen)

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang tenaga pembentuk muka bumi yang meliputi tenaga pembentuk permukaan bumi, macam macam tenaga pembentuk permukaan bumi, tenaga pembentuk muka bumi, tenaga endogen, tenaga eksogen, proses pembentukan muka bumi, akibat tenaga eksogen, akibat tenaga endogen, dampak positif tenaga eksogen, bentuk muka bumi akibat tenaga endogen, tenaga endogen pembentuk muka bumi, pembentukan muka bumi, tenaga pembentukan muka bumina.

Macam-macam Tenaga Pembentuk Muka Bumi

Keragaman bentuk relief permukaan bumi yang ada sekarang tidak terjadi begitu saja dengan sendirinya, tetapi merupakan hasil bentukan alam yang terjadi dengan proses yang sangat panjang dan lama.
Proses perubahan permukaan bumi ini disebabkan oleh tenaga pembentuk muka bumi yang terdiri dari tenaga endogen, yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi dan tenaga eksogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi.
Untuk dapat lebih memahami kedua jenis tenaga tersebut, perhatikan uraian berikut ini.

1. Tenaga Endogen

Tenaga Endogen atau yang biasa disebut tenaga tektonik adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. 
Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun. Tenaga endogen terdiri atas gempa bumi, vulkanisme, dan proses diatropisme.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Tenaga Endogen beserta Contohnya

2. Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi, berupa pelapukan dan erosi yang sifatnya merusak permukaan bumi. 
Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Tenaga Eksogen beserta Contohnya

Proses Geomorfi

Perubahan yang dilakukan tenaga eksogen pada permukaan bumi disebut proses geomorfi. Proses ini akan dilakukan oleh benda-benda yang mempunyai kemampuan mengikis dan menghancurkan material pembentuk muka bumi yang disebut geomorfi, seperti tetesan air yang ada di gua-gua membentuk stalaktit dan stalakmit, terjangan ombak terhadap batu karang, aliran gletser, dan tiupan angin.
Berdasarkan hasilnya, proses geomorfi dibedakan menjadi degradasi dan agradasi.
Degradasi adalah suatu proses yang menyebabkan turunnya ketinggian suatu permukaan bumi, yang meliputi proses pelapukan, erosi, dan masswasting. Adapun agradasi adalah suatu proses yang menyebabkan naiknya suatu permukaan bumi yang meliputi sedimentasi atau pengendapan.

Baca juga: Danau Terbesar di Dunia
Loading...

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Tenaga Pembentuk Muka Bumi (Tenaga Endogen dan Eksogen)"

Post a Comment