Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Bentuk (Relief) Permukaan Bumi

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang bentuk relief muka bumi yang meliputi bentuk muka bumi, bentuk relief muka bumi, macam macam bentuk muka bumi, bentuk permukaan bumi, relief daratan, relief permukaan bumi, keragaman bentuk muka bumi, bentuk relief permukaan bumi, pengertian bentuk muka bumi, pengertian relief permukaan bumi, contoh bentuk muka bumi, jenis jenis bentuk muka bumi.

Pengertian Relief (Bentuk Muka Bumi)

Sebelum membaca artikel ini, pernahkah kamu mengamati hamparan dataran permukaan bumi dari atas gedung yang tinggi atau dari daerah pegunungan yang tinggi?

Tentunya akan berbeda dengan apa yang kamu lihat pada peta atau globe. Tahukah kamu bahwa bentuk permukaan bumi sangat bervariasi antara suatu daerah dengan daerah lainnya.
Bentuk muka bumi adalah suatu kenampakan yang terlihat pada pemurkaan bumi baik daratan maupun lautan. Bumi kita yang berbentuk bulat pepat, apabila difoto dari udara dan pada jarak yang dekat, ternyata mempunyai bentuk yang tidak rata, ada yang berupa tonjolan, cekungan, dan dataran. (Bimbie.com)
Ada yang menjulang membentuk pegunungan, dataran tinggi, dan ada membentuk lembah, danau atau sungai. Kombinasi dari keragaman bentuk muka bumi membuat bumi sebagai salah satu planet ciptaan Tuhan tampak indah.

Macam-macam Bentuk Muka Bumi

Berikut adalah beberapa contoh bentuk muka bumi, diantaranya;

1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi yaitu suatu daerah berbentuk datar di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya memiliki suhu udara yang sejuk dengan tanah yang subur sehingga cocok digunakan untuk pengembangan daerah pertanian.

Tidak semua dataran tinggi di atasnya sempit, melainkan terdapat pula dataran tinggi yang puncaknya datar dan cukup luas, dataran tinggi semacam ini biasa disebut plato.

Baca selengkapnya: Contoh Datara Tinggi (Plato) di Dunia

2. Pegunungan

Gunung yaitu suatu daratan yang menjulang lebih tinggi. Sekumpulan gunung berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya biasanya dapat mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuknya.

Pegunungan terbentuk karena pergerakan lapisan kerak bumi. Adapun kerak bumi terbentuk dari lempeng yang rapuh ketika lapisan mantel di bawah kulit bumi bergerak perlahan-lahan.

Baca selengkapnya: Pegungungan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia

3. Danau

Danau yaitu kumpulan genangan air yang cukup luas dan dikelilingi oleh daratan. Terdapat beberapa danau yang ukurannya sangat besar sehingga dinamakan laut pedalaman.

Air danau biasanya berbeda dengan air laut yang asin, air danau segar dan rasanya tidak asin. Namun, memang terdapat beberapa danau yang airnya menguap ketika terkena panas matahari sehingga air yang tersisa terasa sangat asin.

Danau juga dapat diartikan sebagai sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas dan dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat digunakan sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan banyak terdapat di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Finlandia dikenal sebagai “Tanah Seribu Danau” dan Minnesota dikenal sebagai “Tanah Sepuluh Ribu Danau”. Sekitar 60% danau dunia terletak di Kanada.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Danau dan Contoh Danau Terbesar di Dunia dan Indonesia

4. Lembah

Lembah yaitu suatu cekungan yang ukurannya panjang di permukaan bumi. Lembah terbentuk oleh air dan es yang mengikis pegunungan atau di suatu daerah lapisan kerak bumi yang merekah sehingga sebidang daratan terperosok.

Lembah dapat dimaknai juga sebagai wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi.

Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V.

Beberapa lembah yang terkenal di dunia diantaranya:
  • Grand Canyon (Amerika Serikat)
  • Death Valley (Amerika Serikat)
  • Lembah Indus (Pakistan)

5. Sungai

Sungai yaitu bagian dari permukaan bumi yang membentuk jalan raya alami dan membawa air dari pegunungan menuju lautan. Sungai biasanya dapat mengubah permukaan daratan serta mengukir lembah dan jurang sepanjang lapisan batuan yang dilaluinya. Sungai berawal dari bagian tinggi di pegunungan yang sumbernya dapat berupa sebuah danau, rawa, atau gletser yang mencair.

Mulai dari percikan air yang kecil, sungai berkembang makin besar secara terusmenerus seiring dengan bergabungnya sungai-sungai kecil yang disebut anak sungai dan bergabung dengan sungai utama.

Dalam perjalanannya mencari jalur yang paling cepat ke laut, sungai mengalir dari sisi curam lembah dan akhirnya jatuh sebagai air terjun, sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil di Mesir, sepanjang 6.670 km.

Baca juga: Harga Keseimbangan Pasar

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Contoh Bentuk (Relief) Permukaan Bumi"

Post a Comment