Pengertian dan Contoh Pegunungan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia dan Indonesia

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bentuk permukaan bumi yaitu pegunungan yang meliputi pengertian pengunungan, contoh pegunungan tertinggi di dunia, contoh pegunungan terpanjang di dunia, pegunungan tertinggi di indonesia, pegunungan tertinggi di dunia, puncak tertinggi di indonesia, puncak tertinggi di dunia, pegunungan terpanjang di dunia, nama pegunungan di indonesia, pegunungan di amerika selatan.

Pengertian Pegunungan

Gunung yaitu suatu daratan yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya. Sekumpulan gunung berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya biasanya dapat mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuknya. 
Pegunungan terbentuk karena pergerakan lapisan kerak bumi. Adapun kerak bumi terbentuk dari lempeng yang rapuh ketika lapisan mantel di bawah kulit bumi bergerak perlahan-lahan.

Contoh Pegunungan Tertinggi dan Terpanjang Di Dunia

Pegunungan tertinggi di dunia adalah pegunungan Himalaya dengan puncaknya tertingginya yaitu gunung Everest di Asia Selatan dengan tinggi 29.029 ft. 
Selain itu, terdapat puncak yang lebih tinggi, yaitu Mauna Kea di Hawaii yang menjulang dari permukaan laut dan merupakan gunung berapi.
Pegunungan terpanjang di dunia adalah Pegunungan Andes di Amerika Selatan. 
Secara umum jalur pegunungan di dunia terdiri atas dua bagian, yaitu jalur pegunungan lipatan muda mediterania dan jalur pegunungan lipatan muda sirkum pasifik.

Jalur pegunungan lipatan muda sirkum mediterania membentang mulai dari Pegunungan Atlas di Benua Afrika bagian utara menuju Pegunungan Alpen di Benua Eropa, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Himalaya di Benua Asia, Pegunungan Arakan Yoma, dan berujung di Indonesia.

Contoh Pegunungan di Indonesia

Di Indonesia jalur pegunungan lipatan muda mediterania membentuk dua busur pegunungan, yaitu busur dalam vulkanik dan busur luar nonvulkanik.

Busur dalam bersifat vulkanik dan tektonik sehingga kebanyakan pegunungan yang tersebar di daerah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sampai Maluku daerah Saparua banyak gunung api aktif, seperti Gunung Krakatau.

Adapun busur luar bersifat nonvulkanik tetapi bersifat tektonik. Busur luar ini membentang mulai dari daerah Pulau Simeulue, Nias, Mentawai kemudian bagian pantai selatan Jawa, Pulau Sawu dan kepulauan Nusa Tenggara.

Jalur pegunungan lipatan muda sirkum pasifik membentang mulai dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan kemudian masuk ke Amerika Utara, yakni pegunungan Rocky, selanjutnya masuk ke Asia bagian timur, yaitu pegunungan yang ada di Jepang, Filipina, dan berakhir di Indonesia tepatnya pegunungan di Kalimantan Utara, Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya.

Di Irian Jaya pegunungan ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu jalur pegunungan sepanjang pantai utara sampai Halmahera dan jalur pegunungan mulai Irian bagian timur sampai Pulau Misol.

Baca juga: Contoh Dataran Tinggi (Plato)

0 Response to "Pengertian dan Contoh Pegunungan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia dan Indonesia"

Post a Comment