Contoh Manfaat Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari, contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari hari, manfaat perubahan fisika, manfaat perubahan kimia, 20 contoh perubahan fisika, 10 contoh perubahan fisika, 10 contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari hari.

Manfaat Perubahan Materi

Sebagaimana telah dibahas pada pembahasan sebelumnya bahwa perubahan materi ada dua macam yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia, pada pembahasan kali ini akan dibahas tentang manfaat perubahan fisika dan manfaat perubahan kimia.

Manfaat Perubahan Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan fisika berperan penting dalam industri obatobatan atau farmasi, yaitu dalam proses ekstrasi zat-zat aktif yang terkandung dalam bahan alam. Zat-zat aktif ini berguna untuk bahan baku obat.

Senyawa yang terkandung dalam dedaunan atau akar-akaran dikeluarkan menggunakan pelarut tertentu dalam alat khusus.

Menyeduh kopi dengan air panas, merupakan ekstraksi kafein dari kopi agar larut dalam air. Kafein bersifat larut dalam air panas.

Manfaat Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti halnya perubahan fisika, perubahan kimia pun banyak manfaatnya. Hampir semua industri yang memproduksi bahan baku menggunakan prinsip-prinsip perubahan kimia atau reaksi kimia.

Dalam industri plastik, zat-zat organik yang bersumber dari gas alam dan minyak bumi diubah melalui reaksi dan proses kimia menjadi plastik, misalnya polietilen (PE), polipropilen (PP), dan polivinilklorida (PVC).

Hampir semua industri, mulai dari yang berteknologi sederhana (misalnya industri tahu) hingga yang berteknologi tinggi (misalnya pembuatan pesawat terbang) menerapkan prinsip-prinsip perubahan fisika dan perubahan kimia.

Contoh Manfaat Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan kimia dan perubahan fisika terkadang terjadi secara bersamaan, misalnya pada pembakaran lilin. Lilin terbakar menghasilkan nyala dan asap hitam (karbon). Hal ini menunjukkan terjadinya reaksi kimia. Di sisi lain, terjadi pula perubahan fisika yaitu lilin meleleh menjadi cair.

Dalam industri plastik, bahan baku diolah secara kimiawi dan juga fisik untuk menghasilkan plastik.

0 Response to "Contoh Manfaat Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment