Sifat-sifat Unsur, Senyawa dan Campuran serta Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran

Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, sifat sifat campuran, perbedaan unsur senyawa dan campuran.

Perbedaan Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran

Setelah kamu memahami pengertian unsur, senyawa, dan campuran, tahukah kamu sifat-sifat yang dimiliki unsur, senyawa, dan campuran?

a. Sifat-sifat Unsur

Pada tabel periodik, kamu telah mengetahui bahwa unsur dapat digolongkan ke dalam logam atau nonlogam. Sifat unsur logam berbeda dengan sifat unsur nonlogam.

Perbandingan sifat antara unsur logam dan nonlogam dapat kamu amati pada Tabel berikut ini.
Perbandingan sifat antara unsur logam dan non logam.
Tabel: Perbandingan sifat antara unsur logam dan non logam.
Beberapa unsur ada yang mempunyai sifat logam dan sekaligus nonlogam. Unsur-unsur tersebut digolongkan sebagai unsur metaloid.

b. Sifat Senyawa

Jika unsur-unsur kimia bergabung membentuk senyawa, apakah sifat senyawa yang terbentuk akan sama dengan sifat unsur-unsur yang membentuknya?

Misalnya air merupakan senyawa. Air mempunyai sifat bening, tidak berasa, dan berwujud cair. Nah, seperti yang telah kamu ketahui, air tersusun atas dua unsur hidrogen dan satu unsur oksigen.

Unsur hidrogen mempunyai sifat tidak berwarna dan tidak berwujud, sedangkan unsur oksigen mempunyai sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan berwujud gas.

Pada reaksi pembakaran logam magnesium (Mg) yang dapat dituliskan sebagai berikut.
  • Mg + ½O2 → MgO
Dari reaksi di atas, terlihat bahwa pembakaran Mg (unsur) dengan O2 (unsur) menghasilkan senyawa baru yaitu MgO yang memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan unsur penyusunnya.
Jadi sifat senyawa berbeda dengan sifat unsur penyusunnya.

c. Sifat Campuran

Suatu campuran dapat merupakan gabungan unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, atau senyawa dengan senyawa. Misalnya, stainless steel (baja tahan karat) terbuat dari campuran besi, krom, dan nikel. Nah, menurutmu apakah sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya?

Komposisi unsur-unsur penyusun suatu campuran tidak tertentu, sehingga rumus kimia suatu campuran tidak dapat ditentukan. Pemisahan campuran dapat dilakukan secara fisika.

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran

Perbedaan sifat antara unsur, senyawa, dan campuran ditunjukkan pada Tabel berikut.
Perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran.
Tabel: Perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran.

0 Response to "Sifat-sifat Unsur, Senyawa dan Campuran serta Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran"

Post a Comment