Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia

Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang sejarah Koperasi yang meliputi sejarah koperasi, sejarah singkat koperasi, sejarah koperasi dunia, sejarah koperasi di indonesia, sejarah koperasi di dunia, bapak koperasi indonesia, perkembangan koperasi di indonesia, sejarah berdirinya koperasi di indonesia, sejarah perkembangan koperasi di indonesia, sejarah berdirinya koperasi, sejarah koperasi simpan pinjam, sejarah perkembangan koperasi di dunia.

Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia

Koperasi di Indonesia lahir sebagai akibat adanya sistem kapitalisme dan imperialisme yang menyengsarakan dan membodohkan rakyat Indonesia. Hal ini menjadi dorongan bagi para pejuang untuk mendirikan koperasi.

1) Zaman Belanda

Tokoh yang pertama mempunyai ide untuk mendirikan koperasi, adalah Patih Purwokerto, Raden Arya Wiriaatmaja. Koperasi yang didirikannya adalah Hulf Sparbank (Bank Tabungan Penolong) yang ditujukan untuk membantu kaum ningrat yang jatuh ke tangan lintah darat.

Kemudian pada tahun 1896 berubah menjadi Bank Priyayi lalu berubah lagi menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Selain itu juga ada Koperasi SDI (Serikat Dagang Islam) dan koperasi lain yang didirikan oleh organisasiorganisasi waktu itu.

Akan tetapi tidak begitu berkembang karena adanya kecurigaan terhadap koperasi-koperasi itu dari pemerintah Belanda.

Baca selengkapnya: Macam-macam Contoh Bentuk BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

2) Zaman Jepang

Jepang mendirikan koperasi ala Jepang yang disebut Kumiai yang bertujuan untuk mengeruk hasil kekayaan Indonesia untuk membiayai bala tentara Jepang. Pada masa ini, koperasi kondisinya masih sulit berkembang. Hal itu terlihat dari sulitnya untuk mendapatkan izin pendirian.
Sejarah Koperasi di Indonesia
Gambar: Sejarah Koperasi di Indonesia

3) Zaman Kemerdekaan

Pada bulan 12 Juli 1947, diadakan Kongres Koperasi Se-Indonesia di Tasikmalaya yang melahirkan salah satu keputusannya bahwa tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai hari Koperasi Indonesia. 

Dalam perkembangannya sampai saat ini, koperasi Indonesia telah beberapa kali berganti undang-undang. Hal ini dikarenakan selalu ada saja kepentingan yang ingin masuk ke dalam koperasi.

Untuk saat ini yang berlaku adalah UU No. 25 Tahun 1992 yang mungkin beberapa saat lagi akan diganti dengan Undang-Undang Koperasi yang baru.

Saat ini dalam sistem pemerintahan kita, koperasi di bawah binaan Kementrian Koperasi dan UKM yang pada era Kabinet Indonesia Bersatu ini dipimpin oleh Bapak Suryadarma Ali, sedangkan gerakan koperasinya tergabung dalam Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Baca juga: Macam-macam Bentuk BUMN

0 Response to "Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia"

Post a Comment