Pengertian, Satuan dan Rumus Massa Jenis serta Contoh Soal Massa Jenis

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang massa jenis zat yang meliputi pengertian Masa Jenis, rumus masa jenis, contoh soal masa jenis, satuan massa jenis, rumus massa jenis, pengertian massa jenis, rumus massa jenis benda, rumus mencari massa jenis.

Pengertian Massa Jenis

Coba kamu perhatikan antara es jeruk dan gula merah. Dapatkah kamu menyebutkan persamaan dan perbedaan kedua benda tersebut? Persamaan antara es jeruk dan gula merah, yaitu rasanya yang sama-sama manis.

Adapun perbedaannya dapat dilihat dari warna dan wujudnya. Es jeruk berwarna oranye dan berwujud cair, sedangkan gula merah berwarna merah kecokelatan dan berwujud padat.

Dari contoh tersebut, kamu dapat membedakan antara suatu zat dan zat lainnya dengan melihat wujud, warna, dan rasanya.

Tahukah kamu cara lain untuk membedakan antara satu benda dan benda lainnya? Ditinjau dari definisi zat yang mempunyai massa dan menempati ruang, setiap zat dapat dibedakan berdasarkan massa dan volumenya.

Perbandingan antara massa dan volume suatu zat disebut massa jenis (disimbolkan ρ, dibaca rho). Jadi, jenis zat dapat diketahui dari massa jenisnya.
Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya.

Rumus Massa Jenis

Kamu dapat melihat bahwa massa jenis suatu benda dapat berbeda, meskipun bahan penyusunnya memiliki ukuran sama. Hal ini karena massa jenis bergantung pada besar massa dan volumenya.

Secara matematis, massa jenis suatu zat dapat ditentukan melalui persamaan berikut ini.

Pengertian, Satuan dan Rumus Massa Jenis serta Contoh Soal Massa Jenis

Keterangan:
ρ = massa jenis (kg m-3)
m = massa zat (kg)
V = volume zat (m3)

Satuan Massa Jenis

Satuan massa jenis dapat juga dinyatakan dalam g cm-3. Tahukah kamu bagaimana cara mengonversi satuan dari kg m-3 menjadi g cm-3? Perhatikan uraian berikut.

Pengertian, Satuan dan Rumus Massa Jenis serta Contoh Soal Massa Jenis

Sehingga:
1 kg m-3 = 0,001 g cm-3 atau 1 g cm-3 = 1.000 kg m-3
Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat berikut ini.
Massa jenis berbagai zat
Tabel: Daftar Massa jenis berbagai zat

Pengukuran volume terkadang kurang teliti jika dibandingkan pada pengukuran massa. Untuk itulah dalam menentukan massa jenis hanya dilakukan pengukuran massa.

Hal inilah yang mendasari digunakannya massa jenis relatif. Massa jenis relatif didefinisikan sebagai nilai perbandingan massa jenis bahan dengan massa jenis air. Massa jenis air diketahui yaitu 1 g cm-3 atau 1.000 kg m-3.

Rumus massa jenis relatif

Contoh Soal Massa Jenis

Sebuah balok kayu mempunyai panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 5 cm. Jika massa balok kayu tersebut adalah 1,5 kg, tentukan massa jenisnya!

Jawab:
Pengertian, Satuan dan Rumus Massa Jenis serta Contoh Soal Massa Jenis

0 Response to "Pengertian, Satuan dan Rumus Massa Jenis serta Contoh Soal Massa Jenis"

Post a Comment