Pengertian Garam dan Contoh Garam serta Reaksi Kimia Garam

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang garam yang meliputi pengertian garam, bagaimana garam terbentuk, contoh garam, reaksi kimia garam.

Pengertian Garam

Apakah yang dimaksud dengan garam?
Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). 
Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Bagaimana garam dapat terbentuk? 

Garam terbentuk ketika suatu asam dan basa bereaksi dan saling menetralkan satu sama lain sehingga hasilnya tidak mempunyai sifat-sifat asam dan basa. Ion hidrogen (H+) dari asam dan ion hidroksida (OH-) dari basa dalam reaksinya satu sama lain akan membentuk air.

Perhatikan bentuk persamaannya berikut ini.

  • H+ + OH¯ → H2O

Contoh garam yang paling sering kita temukan adalah NaCl atau garam dapur. Natrium klorida (NaCl) terjadi karena reaksi antara natrium hiroksida (NaOH) dengan asam klorida (HCl) dengan reaksi seperti berikut.

  • NaOH + HCl → NaCl + H2O

Jika airnya diuapkan maka akan kita dapatkan garam NaCl atau garam dapur yang berupa padatan berwarna putih.

Jika garam dapur tersebut kamu larutkan ke dalam air, maka akan terbentuk ion natrium (Na+) dan ion klorida (Cl-), dengan reaksi yaitu:

  • NaCl → Na+ + Cl¯.

Contoh Garam beserta Manfaat dan Kegunaan Garam

Beberapa contoh garam ditunjukkan pada Tabel berikut.
Beberapa jenis garam, rumus kima, beserta kegunaannya.
Tabel: Beberapa jenis garam, rumus kima, beserta kegunaannya.

Setelah kamu mengetahui sifat-sifat larutan asam, basa maupun garam dan indikator yang diperlukan untuk mengidentifikasinya, maka kamu dapat mengelompokkan bahanbahan di sekitarmu dalam asam, basa, atau garam.

0 Response to "Pengertian Garam dan Contoh Garam serta Reaksi Kimia Garam"

Post a Comment