Pengertian Destilasi dan Prinsip Kerja Alat Penyulingan (Destilasi) Sederhana

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu manfaat kalor dalam kehidupan sehari-hari yaitu destilasi yang meliputi prinsip kerja alat penyulingan air, prinsip kerja destilasi, cara kerja destilasi, alat destilasi sederhana, prinsip kerja alat destilasi, prinsip kerja destilasi sederhana, pengertian destilasi.

Pengertian Destilasi

Apakah yang dimaksud dengan destilasi?
Destilasi atau Penyulingan adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan titik didih atau berdasarkan kemapuan zat untuk menguap. Dimana zat cair dipanaskan hingga titik didihnya, serta mengalirkan uap ke dalam alat pendingin (kondensor) dan mengumpulkan hasil pengembunan sebagai zat cair.

Cara Kerja Alat Destilasi Sederhana

Tahukah kamu bagaimana cara membuat air murni? Untuk membuat air murni dapat menggunakan proses penyulingan. Alat penyulingan sederhana terdiri atas labu didih, pipa uap air, kondensor (alat pendingin), pembakar bunsen, dan wadah penampung air hasil penyulingan.
Diagram Alat Penyulingan (Destilasi) Sederhana
Gambar: Diagram Alat Penyulingan (Destilasi) Sederhana

Perangkat proses penyulingan ditunjukkan pada Gambar di atas. Nah, bagaimana prinsip kerja alat penyulingan air sederhana tersebut?
Ketika air tidak murni di dalam labu dipanaskan sampai mendidih, uap airnya dialirkan melalui pipa uap air dalam kondensor. Selanjutnya pada kondensor dialiri air dingin secara terus-menerus. Akibatnya, uap air murni dalam pipa uap air mengembun menghasilkan air murni.

0 Response to "Pengertian Destilasi dan Prinsip Kerja Alat Penyulingan (Destilasi) Sederhana"

Post a Comment