Pengertian dan Macam-macam Jenis Bentuk Pengendalian Sosial beserta Contohnya

Loading...
Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang pengendalian sosial yang meliputi macam macam pengendalian sosial, macam macam control sosial, jenis jenis pengendalian sosial, jenis jenis control sosial, fungsi pengendalian sosial, peran pengendalian sosial, pengertian pengendalian sosial, sifat pengendalian sosial, bentuk pengendalian sosial, cara pengendalian sosial, lembaga pengendalian sosial, bentuk bentuk pengendalian sosial, tujuan pengendalian sosial, contoh pengendalian sosial, contoh pengendalian sosial preventif, jenis jenis lembaga pengendalian sosial.

Pengertian Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial adalah suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Dengan adanya pengendalian sosial yang baik diharapkan mampu meluruskan anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang/membangkang.

Macam-macam Jenis Pengendalian Sosial

Sebagai upaya meningkatkan ketaatan masyarakat terhadap norma, kaidah, dan aturan yang telah disepakati maka dibutuhkan sosial kontrol. Sosial kontrol cenderung sebagai pengendalian sosial.

Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) terdiri atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) yang bersifat preventif

Preventif, artinya sebuah upaya atau usaha pencegahan sebelum terjadi. Misalnya, pemerintah mensosialisasikan iklan tentang akibat penggunaan napza di televisi pada masyarakat. Layanan iklan ini merupakan strategi preventif agar masyarakt tidak terdorong untuk memakai napza.

2. Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) yang bersifat represif

Represif, artinya sebuah upaya atau usaha untuk mengembalikan kesesuaian akibat adanya gangguan. Misalnya, memberikan sanksi atau hukuman terhadap masyarakat yang melanggar hukum.

Peran dan Fungsi Lembaga Pengendalian Sosial

Pada dasarnya, eksistensi antara lembaga-lembaga pengendalian sosial seperti lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga pemerintah merupakan satu kesatuan.

Peran dan fungsi kelima lembaga tersebut, tidak akan seimbang jika dalam praktiknya berdiri sendiri. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu tatanan, aturan, dan norma yang bisa meningkatkan kestabilan antarlembaga yang dimaksud.

Misalnya, lembaga keluarga mendidik dan membina anggota keluarganya. Sementara lembaga pendidikan secara formal mendukung nilai pendidikan yang dibangun keluarga.

Contoh lain, lembaga ekonomi dan pemerintah menyiapkan lahan sebagai sarana produktivitas pasca pendidikan formal. Ketidakseimbangan antarlembaga hanya akan menimbulkan pengangguran yang bisa berujung pada tindak kriminal, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Macam-macam Pranata Sosial
Loading...

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Bentuk Pengendalian Sosial beserta Contohnya"

Post a Comment