Pengertian, Bunyi dan Rumus Asas Black serta Contoh Soal Asas Black beserta Jawabannya dan Contoh Penerapan Asas Black Dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang asas black yang meliputi pengertian asas black, bunyi asas black, rumus asas black, contoh soal asas black, hukum asas black, contoh soal asas black beserta jawabannya, penerapan asas black dalam kehidupan sehari hari.

Bunyi Hukum Asas Black

Pada uraian sebelumnya telah dijelaskan bahwa jika kamu ingin membuat air hangat untuk mandi pagi, kamu terlebih dahulu mencampurkan air panas dengan air dingin.

Untuk kasus pencampuran dua zat cair yang mempunyai suhu berbeda, akan terjadi aliran energi panas dari zat cair yang mempunyai suhu lebih tinggi ke zat cair yang mempunyai suhu lebih rendah hingga mencapai titik kesetimbangan.

Peristiwa ini diteliti oleh fisikawan dari Skotlandia yang bernama Joseph Black. Joseph Black menyatakan bahwa;
Banyaknya kalor yang dilepaskan air panas sama dengan banyaknya kalor yang diterima air dingin.
Pernyataan ini kemudian dikenal dengan nama Asas Black.

Rumus Asas Black

Secara matematis, Asas Black dinyatakan sebagai berikut.
Qlepas = Qterima

Contoh Soal Asas Black beserta Jawabannya

Untuk membuat air hangat, Tina mencampurkan 500 g air yang bersuhu 30°C dengan air sebanyak 250 g yang bersuhu 60°C. Jika kalor jenis air adalah 4.200 J kg-1 °C-1, berapakah suhu akhir campuran?

Jawab:

Diketahui:

  • m1 = 500 g = 0,5 kg
  • m2 = 250 g = 0,25 kg
  • T1 = 30 °C
  • T2 = 60 °C
  • c = 4.200 J kg-1 °C-1

Ta = ...?

Dengan menggunakan Persamaan rumus asas black di atas diperoleh:
Q1 = Q 2
m1 · c · (Ta – T1) = m2 · c · (T2 – Ta)
m1 · (Ta – T1) = m2 · (T2 – Ta)
0,5 kg × (Ta– 30 °C) = 0,25 kg × (60 °C – Ta)
2(Ta – 30 °C) = 60 °C – Ta
2Ta – 60 °C = 60 °C – Ta
3Ta = 120 °C
Ta = 40 °C
Jadi, suhu campurannya adalah 40 °C.

Contoh Penerapan Asas Black dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah kamu membuat air panas dengan menggunakan dispenser? Prinsip Asas Black juga dipakai dalam pembuatan air panas oleh dispenser.

Air dalam dispenser tersebut dapat mendidih karena memperoleh energi panas dari energi listrik yang berasal dari elemen pemanas. Pada peristiwa tersebut, elemen pemanas memberikan energi panas dan air menerimanya.

0 Response to "Pengertian, Bunyi dan Rumus Asas Black serta Contoh Soal Asas Black beserta Jawabannya dan Contoh Penerapan Asas Black Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment