Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang perubahan wujud zat, perubahan wujud benda, pengertian menguap, pengertian menyublim, pengertian membeku, pengertian mencair, pengertian mengembun, pengertian mengkristal, macam macam perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud zat, contoh perubahan wujud zat, contoh perubahan wujud benda.

Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Pernahkah kamu membeli es krim? Jika kamu membeli es krim, kemudian es krim tersebut kamu biarkan beberapa saat di tempat yang terbuka, maka es krim tersebut lamakelamaan akan mencair. Mengapa es krim dapat mencair?

Hal ini disebabkan es krim menerima kalor dari udara di sekitarnya sehingga es krim mengalami perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa kalor yang diberikan pada suatu zat dapat mengubah wujud zat tersebut.

Agar kamu lebih memahami hubungan antara kalor dan perubahan wujud zat, lakukanlah Kegiatan berikut.

Prosedur kerja:

  1. Masukkan es ke dalam gelas kimia, kemudian panaskan dengan pembakar spiritus. Perhatikan gambar di bawah ini.
  2. Amati perubahan wujud pada es.
  3. Setelas es mencair, panaskan air sampai mendidih. Kemudian, dekatkan piring kaca yang bening ke mulut gelas kimia. Perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Amati perubahan wujud pada air.
Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)

Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)



Dari Kegiatan di atas kamu telah menyelidiki pengaruh pemberian kalor pada es batu sehingga es batu mengalami perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Peristiwa ini dinamakan mencair.
Mencair adalah peristiwa perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair karena zat tersebut menerima kalor.
Setelah menjadi air, kemudian air tersebut diberi kalor, kamu dapat mengamati bahwa air juga mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud yang dialami air ketika diberikan kalor adalah dari zat cair menjadi zat gas. Peristiwa ini dinamakan menguap.
Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari benda cair menjadi uap (gas) karena zat tersebut menerima kalor.
Untuk memudahkan kamu mengingat perubahan wujud zat, perhatikan diagram perubahan wujud zat di bawah ini. Anak panah yang bergaris tegas menyatakan bahwa dalam proses perubahan wujud, zat tersebut memerlukan kalor.
Diagram Perubahan Wujud Benda
Gambar: Diagram Perubahan Wujud Benda

Adapun anak panah yang bergaris putus-putus menyatakan bahwa dalam proses perubahan wujud, zat tersebut melepaskan kalor.
Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Pada peristiwa menyublim, zat padat memerlukan kalor. 
Adapun mengkristal adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi padat. Pada peristiwa mengkristal, zat gas melepaskan kalor.
Ciri dari perubahan wujud yang memerlukan kalor adalah terjadinya kenaikan suhu. Sedangkan ciri dari perubahan wujud yang melepaskan kalor adalah terjadinya penurunan suhu.

0 Response to "Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)"

Post a Comment