Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Zat (Benda) Menyublim, Membeku, Mencair, Menguap dan Mengembun

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang perubahan wujud zat, pengertian mengembun, pengertian menguap, pengertian membeku, pengertian perubahan wujud zat, pengertian menyublim, pengertian mencair, contoh menguap, contoh mengembun, macam macam perubahan wujud zat, contoh perubahan wujud zat, perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud benda, contoh perubahan wujud benda, contoh membeku, contoh menyublim, contoh mencair.

Macam-macam Perubahan Wujud Zat dan Contohnya

Pernahkah kamu melihat embun? Embun yang kamu lihat pada daun terjadi karena uap air dari udara.
Peristiwa ini disebut mengembun, yaitu perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. 
Saat Matahari mulai bersinar, embun menguap kembali. Tahukah kamu contoh perubahan wujud zat yang lainnya?

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahwa wujud zat dibedakan atas zat padat, cair dan gas. Ketika kamu memasak air, pernahkah kamu mengamati apa yang terjadi ketika air dipanaskan?

Air yang dipanaskan lama-kelamaan akan mendidih. Ketika air mencapai suhu 100 °C pada tekanan 1 atm, air akan berubah menjadi uap. Peristiwa perubahan wujud dari air (zat cair) menjadi uap (zat gas) dinamakan menguap.
Perubahan wujud air menjadi uap yang disebut menguap dan perubahan wujud dari uap menjadi air yang disebut mengembun.
Pernahkah kamu menyimpan kapur barus di lemari pakaianmu? Apa yang terjadi dengan kapur barus yang telah disimpan cukup lama?

Kapur barus yang disimpan di udara terbuka lama-kelamaan akan habis. Tahukah kamu peristiwa perubahan wujud apa yang terjadi pada kapur barus?
Perubahan Wujud Zat (Benda)
Diagram: Perubahan Wujud Zat (Benda)

Kapur barus yang dipanaskan, akan berubah menjadi gas. Hal ini dapat kamu rasakan dari bau gas yang tercium sebagai hasil pemanasan kapur barus.
Peristiwa perubahan wujud dari kapur barus (zat padat) menjadi uap (zat gas) dinamakan menyublim
Peristiwa yang terjadi pada uap kapur barus (zat gas) menjadi serbuk-serbuk putih mengkilap (zat padat) yang menempel pada kertas putih dinamakan mengkristal.
Pernahkah kamu membuat es batu? Air dalam plastik ketika kamu masukkan ke dalam lemari es (freezer) akan berubah menjadi es.
Peristiwa perubahan wujud dari air (zat cair) menjadi es (zat padat) dinamakan membeku
Nah, ketika kamu ambil es batu, kemudian dibiarkan di tempat terbuka, es batu tersebut lama-kelamaan akan berubah wujud menjadi air kembali.
Peristiwa perubahan wujud dari es batu (zat padat) menjadi air (zat cair) dinamakan mencair atau melebur.

0 Response to "Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Zat (Benda) Menyublim, Membeku, Mencair, Menguap dan Mengembun"

Post a Comment