Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia

Loading...
Berikut adalah pembahasan tentang lambang unsur yang meliputi Penulisan Lambang Unsur, cara Penulisan Lambang Unsur, sejarah Penulisan Lambang Unsur, perkembangan Penulisan Lambang Unsur, tabel periodik unsur kimia.

Cara Penulisan Lambang Unsur

Jumlah unsur sangat banyak. Untuk memudahkan dalam mengingat dan mempelajarinya, maka nama unsur dapat dinyatakan dengan lambang unsur. Bagaimana cara menuliskan lambang unsur?

Setiap unsur memiliki lambang masing-masing berdasarkan nama ilmiah yang diambil dari nama latinnya. Penulisan lambang unsur mengalami berbagai perubahan dari masa ke masa, di antaranya lambang unsur pada zaman alkimia, masa John Dalton, dan masa Jakob Berzelius.

Perubahan penulisan lambang unsur ini dapat kamu amati pada Tabel berikut ini.
Perubahan lambang unsur dari masa ke masa.
Tabel: Perubahan lambang unsur dari masa ke masa.

Penulisan lambang kimia yang dipakai sampai saat ini adalah berdasarkan usulan Jons Jakob Berzelius. Menurut Berzelius, penulisan setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu:
huruf awal dari nama latin unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf besar. Jika ada unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, penulisan lambang unsur dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf kecil.

1. Lambang Unsur dengan satu huruf

Contoh penulisan lambang unsur yang menggunakan satu huruf ditunjukkan pada Tabel berikut.
Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.
Tabel: Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.

2. Lambang Unsur dengan dua hurug

Unsur-unsur apa sajakah yang dilambangkan dengan dua huruf? Beberapa contoh unsur yang dilambangkan dengan dua huruf dapat kamu amati pada Tabel berikut.
Unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf.
Tabel: Unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf.

Dari Tabel di atas, kamu dapat mengamati bahwa penulisan lambang unsur dengan dua huruf adalah huruf pertama dituliskan dengan huruf kapital, sedangkan huruf kedua ditulis dengan huruf kecil.

Tabel Periodik Unsur

Di alam semesta ini terdapat 114 unsur baik alami maupun buatan. Unsur alami terdiri atas 91 jenis unsur dan 23 unsur sisanya merupakan unsur buatan.

Unsur-unsur tersebut dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifatnya. Pengelompokan unsur ini dinamakan Tabel Periodik Unsur. Perhatikan Tabel Periodik Unsur pada Gambar di bawah ini.
Tabel Periodik Unsur
Gambar: Tabel Periodik Unsur

Dari Tabel Periodik Unsur pada Gambar di atas, dapat kita lihat bahwa unsur-unsur dapat digolongkan menjadi logam, nonlogam, metaloid, dan gas mulia.

0 Response to "Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia"

Post a Comment