Pengertian Konversi Satuan serta Macam-macam Tabel Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu Lengkap

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang konversi satuan yang meliputi pengertian konversi satuan, konversi satuan panjang, konversi satuan masa, konversi satuan waktu, konversi satuan massa, tabel konversi satuan, konversi satuan berat, tabel konversi satuan lengkap, macam macam konversi satuan, 1 hektar berapa meter, 1 feet berapa meter, 1 are berapa meter, 1 hektar berapa meter persegi, 1 mil berapa meter, satu hektar berapa meter, konversi satuan volume, 1 ons berapa gram, daftar konversi satuan.

Pengertian Konversi Satuan

Tahukah kamu berapa jarak antara kota Bandung dan kota Jakarta? Berapakah tebal buku IPA kalian? Satuan apakah yang digunakan untuk mengukur jarak kota Bandung dan kota Jakarta serta tebal buku?

Jarak antara kota Bandung dan Jakarta sekitar 500 km, sedangkan tebal buku IPA sekitar 3 cm. Tahukah kamu apakah hubungan antara satuan km dan cm?

Untuk mengetahuinya, kita harus melakukan konversi satuan. Apakah yang dimaksud dengan konversi satuan?
Konversi satuan adalah perubahan sistem satuan pengukuran dari satu sistem kesistem yang lain, mengkorvensikan satuan-satuan dari berbagai besaran di dalam fisika sangat penting, karna didalam fisika banyak pengukuran dan penghitungan yang memerlukan satuan yang tepat. Contoh; Satuan inggris: 1 pon =0,454 kg.

Macam-macam Konversi Satuan

Berikut daftar beberapa konversi satuan;

a. Mengonversi Satuan Panjang, Massa, dan Waktu

Pada kehidupan sehari-hari adakalanya kamu harus mengonversi satuan panjang, satuan massa, dan satuan waktu. Bagaimana cara mengonversi satuan-satuan tersebut?

Satuan panjang antara lain sentimeter (cm), meter (m), dan kilometer (km). Sedangkan satuan berat antara lain gram (g) dan kilogram (kg). Untuk mengonversi satuan-satuan tersebut diperlukan faktor pengali satuan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tangga konversi besaran panjang dan massa pada gambar berikut ini!
Konvesi satuan panjang dan massa
Gambar: Konvesi satuan panjang dan massa

Seperti pada besaran panjang dan massa, besaran waktu juga memiliki beberapa satuan yang dapat saling dikonversikan.

Satuan-satuan besaran waktu antara lain jam, menit, dan detik. Bagaimana cara mengonversi satuan-satuan tersebut?

Contoh

Konversikan satuan-satuan berikut!
a. 2,5 km = ... m
b. 1.500 cm = ... m
c. 2.000 g = ... kg
d. 4,25 g = ... mg
e. 1,5 jam = ... menit
f. 360 sekon = ... menit

Jawab:


b. Mengonversi Satuan Besaran Turunan

Contoh besaran turunan adalah luas dan volume. Bagaimana menentukan luas papan tulis? Berapakah volume air dalam suatu bak mandi yang penuh?

Luas merupakan besarnya suatu daerah bidang. Luas dapat diperoleh dengan mengalikan antara dua besaran pokok panjang (panjang dan lebar atau alas dan tinggi).

Oleh karena luas merupakan turunan dari besaran panjang, maka satuannya juga diturunkan dari besaran panjang. Satuan luas yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari antara lain km2, m2, dan cm2.

Volume dapat diartikan sebagai besarnya suatu ruang. Volume suatu balok dapat diperoleh dengan cara mengalikan tiga besaran pokok panjang (panjang, lebar, dan tinggi).

Satuan volume antara lain cm3, m3, dan km3. Untuk memahami cara mengonversi satuan luas dan volume, mari perhatikan tangga konversi pada Gambar berikut ini!
Tangga konversi satuan luas dan volume.
Gambar: Tangga konversi satuan luas dan volume.

Contoh

Konversikan satuan-satuan berikut!
a. 1,5 m2 = ... cm2
b. 300 mm2 = ... cm2
c. 2.000 dm3 = ... m3
d. 1,5 cm3 = ... mm3

Jawab:


0 Response to "Pengertian Konversi Satuan serta Macam-macam Tabel Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu Lengkap"

Post a Comment