Pengertian dan Macam-macam Jenis Barang (Alat Pemuas Kebutuhan atau Alat Pemenuhan Kebutuhan) beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang alat pemuas kebutuhan yang meliputi pengertian alat pemenuhan kebutuhan, macam macam alat pemenuhan kebutuhan, jenis jenis alat pemenuhan kebutuhan, alat pemuas kebutuhan, alat pemuas kebutuhan manusia, pengertian benda pemuas kebutuhan, pengertian alat pemuas kebutuhan, alat pemenuhan kebutuhan, alat pemenuhan kebutuhan manusia, macam macam barang, jenis jenis barang, macam macam alat pemuas kebutuhan, jenis jenis alat pemuas kebutuhan.

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan

Apakah yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan atau alat pemenuhan kebutuhan?
Alat pemuas kebutuhan adalah suatu alat baik berupa barang maupun jasa yang bisa memuaskan kebutuhan kita.
Kebutuhan manusia jumlahnya sangat tidak terbatas dan beraneka ragam jenisnya. Oleh karena itu, alat pemuas kebutuhan manusia pun beraneka ragam jenisnya.
Adapun alat pemuas kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa
Barang merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang berbentuk benda berwujud, sedangkan jasa merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud namun dapat dirasakan manfaatnya.
Kebutuhan atas Jasa Ojek dan Pengiriman Barang menggunakan GOJEK
Gambar: Kebutuhan atas Jasa Ojek dan Pengiriman Barang menggunakan GOJEK

Macam-macam Jenis Barang (Alat Pemuas Kebutuhan)

Barang sebagai salah satu alat pemuas kebutuhan manusia dapat dibedakan berdasarkan cara memperolehnya, sifat hubungannya, tujuan penggunaannya, kegunaannya untuk jaminan kredit, dan berdasarkan tingkat kesiapannya dalam proses produksi.

A. Barang Berdasarkan Cara Memperolehnya

Berdasarkan cara memperolehnya, barang dibedakan menjadi barang ekonomi, dan barang bebas.
  1. Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contohnya, pakaian, alat sekolah, dan sebagainya.
  2. Barang bebas merupakan alat kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas. Untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan karena jumlahnya banyak jika dibandingkan kebutuhan manusia. Contohnya, udara di alam terbuka dan pasir di padang pasir.

B. Barang Berdasarkan Sifat Hubungannya

Berdasarkan sifat hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi barang subtitusi dan barang komplementer.
  1. Barang subtitusi merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contohnya, tikar dapat menggantikan karpet.
  2. Barang komplementer merupakan barang yang pemanfaatannya harus diikuti dengan pemanfaatan barang lain. Contohnya, motor dapat dimanfaatkan jika menggunakan bensin dan balpoin dapat digunakan jika ada tintanya.

C. Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Dilihat berdasarkan tujuan penggunaannya, barang dapat digolongkan menjadi barang konsumsi dan barang produksi.
  1. Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk keperluan konsumsi. Contohnya, nasi, pakaian jadi, dan buah-buahan.
  2. Barang produksi merupakan barang yang memerlukan proses produksi sebelum dapat digunakan. Contohnya, kayu dan benang.

D. Barang Berdasarkan Kegunaannya untuk Jaminan Kredit

Dilihat berdasarkan kegunaannya untuk jaminan kredit, barang digolongkan menjadi barang bergerak dan barang tidak bergerak.
  1. Barang bergerak merupakan barang yang dapat digunakan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek. Contohnya, Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), perhiasan dan sebagainya.
  2. Barang tidak bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, dan gedung.

E. Barang Berdasarkan Tingkat Kesiapannya dalam Proses Produksi

Berdasarkan tingkat kesiapannya dalam proses produksi, barang dapat digolongkan menjadi barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.
  1. Barang mentah adalah barang yang perlu diolah terlebih dahulu agar dapat digunakan. Contohnya, tebu untuk membuat gula, kapas untuk membuat kain, dan sebagainya.
  2. Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, namun untuk menggunakannya diperlukan proses produksi lebih lanjut. Contohnya, kain untuk pakaian, tepung untuk membuat kue, dan sebagainya.
  3. Barang jadi merupakan barang yang siap pakai, contohnya baju, sepatu, dan sebagainya.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Barang (Alat Pemuas Kebutuhan atau Alat Pemenuhan Kebutuhan) beserta Contohnya"

Post a Comment