Macam-macam Alat Ukur Massa dan Waktu

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang alat ukur besaran massa dan alat ukur besaran waktu dilengkapi dengan bagaimana cara menggunakannya dan gambarnya.

Alat Ukur Massa

Ketika menimbang berat (massa) badan, alat apakah yang kamu gunakan? Samakah dengan alat timbang yang digunakan oleh pedagang buah atau penjual emas?

Alat yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah timbangan atau neraca. Ada bermacam-macam jenis timbangan atau neraca seperti ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
Macam-macam Alat Ukur Massa
Gambar: Macam-macam Alat Ukur Massa

Timbangan manakah yang digunakan untuk mengukur berat (massa) badan? Timbangan mana yang digunakan untuk mengukur berat (massa) benda?

Macam-macam Alat Ukur Massa

  1. Neraca gantung, neraca ini digunakan untuk mengukur massa jika kalianpernah melihat maka kalian melihatnya di toko- toko beras, atau pupuk. 
  2. Neraca analog, neraca ini adalah jenis neraca yang digunakan untuk mengukur massa tepung sebelum measak roti atau juga bisa untuk mengukur massa di toko buah.
  3. Neraca digital, neraca ini dapat kalain lihat di toko-toko buah atau kadang juga di temukan di laboratorium karena hasil pengukuran yang digunakan lebih tepat dibandingkan dengan alat ukur massa yang lain selain itu dengan alat ukur ini di dapatkan pengukuran lebih teliti. dantentunya cara penggunaanya lebih mudah karena dapat terlihat langsung di dalam neraca. walau kelebihannya alat ukurini lebih mahal di banding dengan yang lainnya
  4. Neraca sama lengan, Neraca ini sering kalianlihat di toko emas, karena bisanya digunakan untuk menimbang emas. 
  5. Neraca Ahaus, (Neraca tiga lengan dan Neraca empat lengan) seperti foto di atas Neraca ini biasanya terdapat di laboratorium untuk praktek-praktek IPA. 


Alat Ukur Waktu

Pengukuran waktu adalah menghitung lama suatu kejadian. Pelajaran di sekolah dimulai pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 14.00. Berapa lama pelajaran di sekolah?

Pernahkah kamu melihat lomba lari atau balap sepeda? Petugas lomba biasanya mencatat waktu tempuh pelari atau pembalap tersebut. Alat apakah yang digunakan untuk mencatat waktu mereka?
Alat ukur waktu
Gambar: Alat ukur waktu

Gambar di atas menunjukkan alat pengukuran waktu, yaitu jam dan stopwatch. Gambar b menunjukkan cara memegang stopwatch analog yang benar.

Tombol samping pada telunjuk adalah tombol start dan stop, sedangkan tombol atas pada ibu jari adalah tombol reset.

0 Response to "Macam-macam Alat Ukur Massa dan Waktu"

Post a Comment