Top 10 Daftar Novel Best Seller Indonesia Sepanjang Masa

Jika anda seorang penggemar baca buku pasti tidak asing dengan istilah best seller. Istilah ini disematkan pada sebuah buku yang meledak atau sangat laris di pasaran. Meski ada perbedaan persepsi terhadap penggunaan istilah ini, namun pada intinya adalah sama yaitu buku-buku yang terjual paling laris.

Dunia penerbitan di Indonesia menggunakan istilah best seller dengan ketentuan satu kali cetakan dalam satu tahun. Mengguakan ukuran T-Shirt untuk menentukan tingkatan best seller itu sendiri. Yaitu ukuran Standard (S) untuk 3.500 exp, Medium (M) untuk 7.000 exp, Laris (L) untuk 15.000 exp dan X-tra Laris (XL) untuk 35.000 exp.

10 Daftar Novel Best Seller Indonesia 

Berikut ini 10 daftar novel Best Seller Indonesia yang sedang populer hingga saat ini

1. Manusia Setengah Salmon, Gagas media

Novel karangan Raditya Dika yang diterbitkan Gagas media ini bergenre komedi. Berisi kumpulan cerpen lucu yang akan menggoncang isi perut Anda. Buku keenam Raditya Dika ini sangat laris dengan banyaknya pembaca yang menunggu penerbitannya. Namun sayangnya penggunaan bahasa terlalu vulgar dengan mengejek diri sendiri dengan kebodohannya.

2. Hafalan Shalat Delisa, Republika

Tere Liye membuat novel ini dengan gaya sederhana dan menyentuh. Penulis juga berhasil menghadirkan tokoh serta suasana yang begitu hidup, islami serta luar biasa. Tanpa ada sentuhan hiperbolik, Tere liye berhasil membuat buku ini benar-benar bermanfaat bagi pencerahan rohani.
Hafalan Shalat Delisa
Gambar: Hafalan Shalat Delisa

3. Koala Kumal, Raditya Dika, Gagas Media.

Buku ini resmi terbit tanggal 17 januari 2015 dan ditulis selama 3,5 tahun. Berisi tentang komedi dari pengalaman pribadi Raditya dika, semuanya berasal dari kisah nyata.

4. Rindu, Tere Liye, Republika.

Penulis fenomenal Tereliye meluncurkan novel terbarunya yang berjudul Rindu, diterbitkan oleh Republika tahun 2014 dan menjadi salah satu novel best seller yang banyak dicari. Bercerita tentang perjalnaan panjang kerinduan yang membawa beban hati. Berlatar pemerintahan Hindia belanda dengan tokoh utama rakyat pribumi.

5. Sabtu Bersama Bapak, Adhitya Mulya, Gagas Media.

Novel yang satu ini mendapatkan Anugerah Pembaca Indonesia Nominee untuk bukunya. Sedangkan Adhitya Mulya menjadin Penulis Fiksi Terfavorit - Shortlist (2014). Ceritanya tentang Pak Gunawan yang meninggal karena kanker dan bagaimana dia mempersiapkan perpisahan itu.

6. Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri, Bernard Batubara, Gagas Media.

Buku yang diterbitkan Gagas media ini berkisah tentang cinta. Seolah-olah menakut-nakuti orang yang jatuh cinta akan kehilangan dan lain sebagainya. Tokoh yang dikisahkan dalam buku mengalami patah hati dan sangup bunuh diri dan menjadi makhluk lain.

7. Laskar Pelangi, Andrea Hirata, Bentang Pustaka

Novel pertama Anddrea ini berkisah tentang kehidupan 10 anak miskin di Belitung. Di dalam keterbaasan sarana sekolah anak ini tetap bermimpi tinggi dan menyebut dirinya Laskar Pelangi. Bahkan novel ini telah diterbitkan di 20 negara dan berhasil diwujudkan dalam film.

8. Perahu Kertas, Dee, Gramedia

Dewi Lestari atau Dee ini menyusun cerita cinta manis seorang gadis muda bernama Kucy yang ingin menjadi penulis dongeng. Namun beranjak dewasa Kucy tidak lagi senang pada dongeng dan ketika bertemu Keenan, pemuda yang mahir melukis. Singkat cerita akhirnya mereka pun jatuh cinta dan berakhir happy ending. Hebatnya kisah ini pun diangkat menjadi film dan dibioskopkan 2 kali.

9. 5 CM, Donny Dirgantoro, Grasindo

Buku ini bercerita tentang 5 orang sahabat yang sangat kompak penuh tawa dan memiliki mimpi yang tinggi. Mereka menjalin persahabatan dengan mendaki gunung Mahameru dan beberapa lokasi tercantik di Indnesia. Tahun 2012 filmnya pun tayang dan memberikan banyak inspirasi.

10. Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy, Republika

Novel karya kang Abik ini sempat menjadi demam masyarakat tahun 2004. Bahkan dianggap sebagai pelopor sastra islami yang menceritakan tentang cinta dengan berkah yang luar biasa. Selama 3 tahun buku ini terjual 160.000 eksemplar.

Demikian 10 novel best seller yang paling laris di Indonesia, jika anda belum memilikinya, segera dapatkan di toko buku terdekat anda.

loading...

0 Response to "Top 10 Daftar Novel Best Seller Indonesia Sepanjang Masa"

Post a Comment