Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang negara maju dan negara berkembang, contoh negara maju, contoh negara bekembang, negara maju di asia, negara maju di dunia, daftar negara maju di benua asia, negara negara berkembang di asia, negara maju di benua eropa, negara maju di afrika, negara berkembang di benua eropa, negara berkembang di dunia, dan lain-lain.

Kalian tentu telah mengenal negara-negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Inggris, Perancis, Jepang, dan Korea Selatan.

Negara-negara tersebut sudah sering disebut, diberitakan, dan digambarkan dalam berbagai tayangan media massa, seperti koran, majalah, radio, maupun televisi.

Negara-negara tersebut digambarkan sebagai suatu negara yang modern, kehidupan penduduknya sejahtera, menguasai Iptek, kota-kotanya indah, dan sebagainya.

Selain itu, negara-negara itu juga berperan dalam memberikan bantuan kepada negara-negara lain/ sebagai negara donor. Negara-negara tersebut sering disebut sebagai negara maju.
Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
Foto: Negara Maju

Selain negara Amerika, Belanda, Rusia, Jepang, Perancis, dan Korea Selatan, adapula negara-negara seperti India, Mesir yang sering disebut sebagai negara berkembang.

Bagaimana dengan negara kita, Indonesia? Mengapa ada negara yang dikatakan sebagai negara maju dan adapula negara berkembang? Tentu ada ciri-ciri yang menandainya bukan? Apa saja ciri-ciri itu?

Untuk menggolongkan negara-negara di dunia ini ada beberapa macam tolok ukur yang digunakan, antara lain berdasarkan pada sistem politiknya, misalnya negara-negara sosialis dan negara-negara kapitalis.

Ada juga pengelompokan menurut bentuk pemerintahannya, seperti negara-negara monarkhi, republik, dan serikat.

Namun ada juga suatu penggolongan terhadap negara-negara yang didasarkan atas perekonomian ataupun kemajuan teknologinya, yaitu negara maju dan negara berkembang.

Negara maju adalah negara-negara yang kaya (developed) sedangkan negara berkembang adalah negara yang terbelakang dan miskin (underdevelop, backword).

Pengertian Negara Maju

Bila kita amati, negara maju adalah negara-negara industri yang sudah mampu/ berhasil dalam berbagai bidang. Corak dari negara-negara ini adalah negara dengan corak ekonomi pasar.

Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini adalah: Amerika Serikat, negara-negara di Eropa Barat, Jepang, dan Korea Selatan. Negara-negara ini tergolong negara bercorak ekonomi kapitalis.

Pengertian Negara Berkembang

Negara berkembang atau sering disebut sebagai negara-negara dunia ketiga adalah negara-negara yang baru saja meraih kemerdekaan dari negara-negara maju.

Beberapa negara yang tergolong dalam negara ini adalah: negara-negara di Asia Tenggara (kecuali Singapura), negara-negara di Amerika Latin, Afrika, negara-negara di Eropa Timur, dan Asia (kecuali Jepang, Korea Selatan, dan Singapura).

0 Response to "Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang"

Post a Comment