Pengertian Lensa Cekung, Sifat Bayangan Lensa Cekung serta Sinar Istimewa dan Pembentukan Bayangan pada Lensa Cekung

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang lensa cekung yang meliputi pengertian lensa cekung, Pembiasan pada Lensa Cekung, sinar istimewa pada lensa cekung, sifat bayangan pada lensa cekung, pembentukan bayangan pada lensa cekung, sifat bayangan lensa cekung, sinar istimewa lensa cekung.

Pengertian Lensa Cekung

Tahukah anda, Apakah yang dimaksud dengan lensa cekung?
Lensa cekung adalah lensa yang mempunyai bentuk sedemikian rupa sehingga ketebalan bagian tengahnya lebih kecil daripada bagian ujung-ujungnya. 
Bagaimana sifat bayangan pada lensa cekung?
Lensa cekung sering juga disebut lensa negatif. Lensa cekung bersifat menyebarkan sinar, disebut juga divergen
Gambar di bawah ini adalah ,macam-macam jenis bentuk lensa cekung.
Jenis-jenis lensa cekung. a. cekung–cekung, b. cekung–cembung, c. datar–cekung
Gambar: Jenis-jenis lensa cekung.
a. cekung–cekung, b. cekung–cembung, c. datar–cekung

Gambar a merupakan lensa cekung–cekung yang terdiri atas dua bagian cekung, Gambar b merupakan lensa cekung–cembung yang terdiri atas sisi cekung dan sisi cembung, dan Gambar c merupakan lensa datar– cekung yang terdiri atas sisi datar dan sisi cekung.

Berbeda dengan cermin, lensa dapat meneruskan cahaya dari kedua sisinya. Oleh karena itu lensa memiliki 2 buah titik pusat. Gambar di bawah adalah bagian-bagian lensa cekung.
Gambar: Bagian-bagian lensa cekung

Bagaimana pembentukan bayangan pada lensa cekung? Sebelum membahas tentang pembentukan bayangan pada lensa cekung, terlebih dahulu harus kamu ketahui sinar-sinar istimewa pada lensa cekung.

Sinar-sinar Istimewa pada Lensa Cekung

Sinar istimewa ini sangat penting sebagai dasar melukis pembentukan bayangan pada lensa cekung. Adapun sinar-sinar istimewa pada lensa cekung adalah sebagai berikut.
Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung
Gambar: Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung
  1. Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan seolaholah berasal dari titik fokus
  2. Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus lensa pertama (F1) akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
  3. Sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O) tidak dibiaskan.

Pembentukan Bayangan Pada Lensa Cekung

Dengan menggunakan ketiga sinar istimewa pada lensa cekung di atas dapat digambarkan pembentukan bayangan oleh lensa cekung. Berikut adalah pembentukan bayangan pada lensa cekung untuk berbagai posisi benda.

1) Jarak benda lebih besar dari 2F2 

Diagram sinar dengan jarak benda lebih besar dari 2F2.
Gambar: Diagram sinar dengan jarak benda lebih besar dari 2F2.

Jarak benda lebih besar dari 2F2, dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung yaitu nomor 1 dan nomor 3, diperoleh bayangan yang bersifat maya, tegak, diperkecil, dan letak bayangannya di depan lensa.

2) Jarak benda di antara 2F2 dan F

Diagram sinar dengan benda di antara 2F2 dan F2.
Gambar: Diagram sinar dengan benda di antara 2F2 dan F2.

Jarak benda di antara 2F2 dan F2, dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung yaitu nomor 1 dan nomor 3, diperoleh bayangan yang bersifat maya, tegak, diperkecil, dan letak bayangannya di depan lensa.

3) Benda diletakkan di antara F dan pusat lensa

Diagram sinar dengan benda di antara F2 dan pusat kelengkungan lensa.
Gambar: Diagram sinar dengan benda di antara F2 dan pusat kelengkungan lensa.

Benda diletakkan di antara F dan pusat optik, dengan menggunakan sinar istimewa lensa cekung yaitu nomor 1 dan nomor 3, diperoleh bayangan yang bersifat maya, tegak, diperkecil, dan letak bayangannya di depan lensa.

Demikian pembahasan lengkap tentang pembiasan cahaya pada lensa cekung yang meliputi pengertian lensa cekung, Pembiasan pada Lensa Cekung, sinar istimewa pada lensa cekung, sifat bayangan pada lensa cekung, pembentukan bayangan pada lensa cekung, sifat bayangan lensa cekung, sinar istimewa lensa cekung.

0 Response to "Pengertian Lensa Cekung, Sifat Bayangan Lensa Cekung serta Sinar Istimewa dan Pembentukan Bayangan pada Lensa Cekung"

Post a Comment