Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional

Berikut ini adalah pembahasan tentang pembangunan nasional yang meliputi pengertian pembangunan nasional, sasaran pembangunan nasional, tujuan pembangunan nasional, pancasila sebagai paradigma pembangunan, dasar pembangunan nasional, pengertian pancasila sebagai paradigma pembangunan, hakikat pembangunan nasional, makna pancasila sebagai paradigma pembangunan, prioritas pembangunan nasional.

Pengertian Pembangunan Nasional

Tahukah kamu apa artinya pembangunan nasional? Untuk apa pemerintah melakukan pembangunan nasional? Dan apa hubungan pembangunan nasional dengan lingkungan hidup?
Pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang termaksud dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Garis besar rencana pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dahulu dirumuskan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Seiring dengan perkembangkan sistem pemerintahan, GBHN diganti dengan istilah Program Pembangunan Nasional (Propenas) beserta landasan operasionalnya yang dituangkan dalam Undang Undang No.25 Tahun 2000. Adapun landasan idiilnya adalah pancasila dan landasan konstitusionalnya adalah UUD 1945.
Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional
Gambar: Pembangunan Nasional

Tujuan Pembangunan Nasional

Selanjutnya, apa tujuan dilaksanakannya pembangunan?
Dalam program pembangunan nasional (Propenas) disebutkan bahwa tujuan pembangunan nasional adalah Mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki etos kerja yang tinggi, dan berdisiplin.

Prioritas Sasaran Pembangunan Nasional

Dalam rangka untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, ditetapkan prioritas sasaran pembangunan nasional dengan mempertimbangkan pengalaman membangun pada masa lalu, dan berbagai kemungkinan perkembangan keadaan pada masa depan.

Prioritas sasaran pembangunan nasional secara umum adalah sebagai berikut:

  1. membangun sistem politik yang demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan;
  2. mewujudkan supremasi hukum dan pemerintahan yang baik;
  3. mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan yang berdasarkan sistem ekonomi kerakyatan;
  4. membangun kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dan ketahanan budaya;
  5. melakukan pemerataan pembangunan serta mendorong pembangunan di daerah-daerah. Adanya menteri yang membidangi lingkungan hidup serta pembangunan daerah tertinggal merupakan salah satu upaya untuk mewujudkannya.
loading...

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional"

Post a Comment