Isi Perjanjian Postdam dan San Fransisco

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang akhir dari perang dunia 2, perjanjian pasca perang dunia 2, perjanjian postdam, perjanjian san fransisco, dan lain-lain.

Perjanjian Pasca Perang Dunia II

Di antara perjanjian penting pasca Perang Dunia II adalah antara Sekutu dan Jerman serta Sekutu dan Jepang. Adapun perjanjian-perjanjian tersebut adalah sebagai berikut.

Isi Perjanjian Postdam Tahun 1945 (Sekutu-Jerman)

Perjanjian tersebut oleh pihak Sekutu ditentukan oleh Truman (Amerika serikat), Stalin (Uni Soviet), dan Atlee (Inggris). Isi perjanjian antara lain:

1) Jerman dibagi dalam empat daerah pendudukan, yaitu Jerman Timur oleh Rusia sedangkan Jerman Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

2) Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Rusia juga diduduki, Berlin Timur diduduki oleh Rusia dan Berlin Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

3) Danzig, Jerman di sebelah timur Sungai Order, dan Niesse diberikan kepada Polandia.

4) Demiliterisasi dari Jerman.

5) Penjahat perang (crime war) dihukum.

6) Jerman harus membayar ganti kerugian perang.
Isi Perjanjian Postdam dan San Fransisco
Gambar: Perjanjian Postdam

Isi Perjanjian San Francisco tahun 1951 (Sekutu-Jepang)

Isi perjanjian tersebut adalah sebagai berikut.

1) Kepulauan Jepang diperintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat.

2) Daerah hasil ekspansi Jepang dikembalikan, Kepulauan Kurilen dan Sakhalin Selatan diserahkan kepada Rusia, Mansyuria, dan Taiwan kepada Cina, Kepulauan Jepang di Pasifik kepada Amerika Serikat. Korea dibagai menjadi dua, di bagian utara diduduki Rusia dan di selatan oleh Amerika Serikat.

3) Penjahat perang harus dihukum.

4) Jepang harus membayar kerugian perang.

Sejumlah menteri Jerman seperti Von Ribbentrop, Goering, Gobbels, dan Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo diadili sebagai penjahat perang dan dijatuhi hukuman gantung.

0 Response to "Isi Perjanjian Postdam dan San Fransisco"

Post a Comment