Pengertian Urbanisasi, Transmigrasi, Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi (Repatriasi), Rulalisasi dan Migrasi Sirkuler serta Migrasi Musiman

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang mobilitas penduduk yaitu macam-macam migrasi yang meliputi pengertian imigrasi, pengertian emigrasi, pengertian remigrasi, pengertian repatriasi, pengertian urbanisasi, pengertian transmigrasi, pengertian rulalisasi, pengertian migrasi musiman, pengertian migrasi sirkuler.

Macam-macam Migrasi

Berdasarkan ruang gerak atau jangkauannya, migrasi dapat dibagi atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

a) Migrasi internasional 

Migrasi Internasional yaitu perpindahan penduduk antara satu negara dan negara lainnya. Migrasi internasional dapat dibedakan atas tiga macam yaitu sebagai berikut.
1) Imigrasi yaitu masuknya penduduk dari negara lain ke dalam suatu negara. Orang-orang yang melakukan imigrasi disebut imigran. Contohnya, orang-orang Thailand, Hong Kong, dan Malaysia yang datang ke Indonesia untuk bekerja.
2) Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam satu negara ke negara lain. Contohnya, penduduk Indonesia yang pergi ke Timur Tengah untuk bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).
3) Remigrasi atau repatriasi yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara kembali ke negaranya sendiri. Remigrasi sering juga disebut kembali ke tanah air. Contohnya, penduduk Indonesia yang bekerja di Timur Tengah, ataupun mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Mesir kembali ke tanah air.

b) Migrasi Nasional 

Migrasi Nasional yaitu perpindahan penduduk di dalam satu negara. Migrasi nasional terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap.
 Terjadinya urbanisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:
  1. ingin mencari pekerjaan karena di kota lebih banyak lapangan kerja;
  2. ingin melanjutkan pendidikan karena di kota banyak sekolah jenjang tinggi;
  3. ingin mencari pengalaman baru di kota;
  4. ingin mendapatkan lebih banyak hiburan, fasilitas untuk hiburan di kota relatif lebih banyak daripada di desa.
2) Transmigrasi yaitu perpidahan penduduk dari salah satu pulau untuk menetap di pulau lain dalam wilayah negara Republik Indonesia untuk kepentingan pembangunan negara atau alasan-alasan yang dipandang perlu oleh pemerintah.
Transmigran di Toraja
Gambar: Transmigran di Toraja (www.suaramerdeka.com)
3) Ruralisasi yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa dengan tujuan menetap. Ruralisasi merupakan kebalikan dari urbanisasi. 
Hal tersebut dapat terjadi disebabkan:
  1. adanya kerinduan untuk kembali ke desa asal;
  2. pekerjaan di kota sudah selesai sehingga kembali ke desa;
  3. merasa sudah bosan di kota dan ingin tenang hidup di desa;
  4. ingin mengabdi pada desa dan sebagainya.
4) Migrasi musiman yaitu perpindahan penduduk yang terjadi pada musim-musim tertentu. Contohnya, pada musim panen di suatu daerah, banyak penduduk daerah lain yang datang untuk membantu dalam proses panen tersebut.
5) Migrasi sirkuler yaitu perpindahan penduduk sementara karena mendekati tempat pekerjaan. Contohnya, seorang penduduk Cianjur yang bekerja di Bandung dan tinggal sementara di Bandung. Akan tetapi, pada waktu-waktu tertentu secara teratur pulang ke tempat tinggalnya di Cianjur karena semua keluarganya tinggal di Cianjur.
Demikian pembahasan lengkap tentang Pengertian Urbanisasi, Transmigrasi, Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi (Repatriasi), Rulalisasi dan Migrasi Sirkuler serta Migrasi Musiman.

Loading...

0 Response to "Pengertian Urbanisasi, Transmigrasi, Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi (Repatriasi), Rulalisasi dan Migrasi Sirkuler serta Migrasi Musiman"

Post a Comment