Dampak Positf dan Negatif Migrasi (Imigrasi, Emigrasi dan Rulalisasi)

Loading...
Loading...
Berikut ini adalah pemahasan tentang dampak migrasi yang meliputi dampak positif imigrasi, dampak positif emigrasi, dampak negatif imigrasi, dampak negatif emigrasi, dampak negatif migrasi, dampak positif migrasi.

Melalui pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui bahwa migrasi terdiri atas migrasi internasional dan migrasi nasional.

Masing-masing migrasi ini memiliki dampak yang berbeda sehingga pembahasan tentang dampak migrasi akan diuraikan berdasarkan dua jenis migrasi tersebut.

Dampak Positif Migrasi


Dampak positif imigrasi adalah sebagai berikut.

  1. Migrasi mendorong terjadinya proses alih teknologi dari tenaga asing kepada tenaga kerja Indonesia.
  2. Kedatangan orang-orang asing ke Indonesia mempercepat proses pembangunan, dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
  3. Imigrasi dari negara-negara asing, terutama dari negara maju yang bertujuan untuk bekerja di Indonesia. Biasanya, tenaga ahli yang mempunyai keterampilan (skill) yang baik. Hal ini dapat membantu kekurangan tenaga ahli di Indonesia.
  4. Dapat menambah rasa persahabatan dan kebersamaan antarbangsa. Adanya orang-orang asing yang tinggal di Indonesia akan memudahkan kita untuk bergaul dan mengenal mereka secara langsung sehingga timbul suatu rasa kebersamaan dengan mereka.

Dampak positif emigrasi adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan persediaan devisa negara berupa mata uang asing yang diperoleh dari orang Indonesia yang kerja di luar negeri (TKI).
  2. Mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap tenaga-tenaga ahli dari luar negeri. Dengan banyaknya orang Indonesia yang belajar di luar negeri menjadikan investasi sumber daya manusia yang bermutu di kemudian hari.
  3. Dapat menjadi duta bangsa untuk memperkenalkan Indonesia di negara lain.

Dampak positif ruralisasi adalah sebagai berikut.

  1. Menjadi pendorong pembaruan di desa, terlebih jika yang pindah adalah penduduk yang berpendidikan.
  2. Membantu kekurangan tenaga terampil di desa.
  3. Mendorong kemajuan perekonomian di desa.
Pembangunan Daerah Transmigrasi
Gambar: Pembangunan Desa

Dampak Negatif Migrasi

Selain memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat, migrasi juga dapat menimbulkan dampak negatif yang kurang baik. Dampak negatif yang ditimbulkan migrasi internasional berbeda dengan dampak negatif migrasi nasional.

Dampak negatif imigrasi adalah sebagai berikut.

  1. Orang-orang yang melakukan imigrasi adakalanya di antara mereka terdapat orang-orang yang bertujuan tidak baik, seperti pengedar narkoba, bertujuan politik, memata-matai, dan sebagainya.
  2. Imigran asing yang datang untuk bekerja kadang-kadang dapat menimbulkan kecemburuan sosial antara tenaga kerja asing dan tenaga kerja dalam negeri.
  3. Berkembangnya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. Apabila filter dari masyarakat rendah, dapat merusak budaya kita.

Dampak negatif emigrasi adalah sebagai berikut.

  1. Tenaga-tenaga terampil dalam negeri lebih memilih tinggal di luar negeri, apabila kehidupan di luar negeri lebih baik.
  2. Jika emigran-emigran dari Indonesia ke luar negeri merupakan tenaga-tenaga ahli/terampil, akan mengurangi tenaga ahli yang ada di dalam negeri.
  3. Oknum emigran-emigran dari Indonesia yang melakukan tindakan-tindakan yang dilarang di negara lain, dapat memperburuk citra Indonesia di luar negeri.

Baca Selengkapnya:



Loading...

0 Response to "Dampak Positf dan Negatif Migrasi (Imigrasi, Emigrasi dan Rulalisasi)"

Post a Comment