3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Suatu Wilayah

Berikut ini adalah pembahasan tentang kependudukan yang meliputi faktor faktor pertumbuhan penduduk, faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi migrasi penduduk, faktor-faktor yang mempengaruhi migrasi penduduk, faktor yg mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk, faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk, faktor penyebab kepadatan penduduk, pengaruh pertambahan penduduk terhadap kesejahteraan sosial ekonomi, faktor-faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk.

Tahukah kamu bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia dibandingkan dengan negara lain di dunia saat ini masih sangat rendah?

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh United Nation Development Program (UNDP) tahun 2004, Indonesia berada pada peringkat terbawah di antara negara-negara ASEAN setelah Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Adapun jika dibandingkan dengan negara-negara di dunia, Indonesia berada pada peringkat 111, jauh di bawah Singapura yang berada di peringkat 25.

Hal yang diuraikan di atas merupakan salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia secara kualitas. Pada pembahasan ini, kamu akan mempelajarinya lebih jauh.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk suatu Wilayah

Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu tempat (kampung, negeri, pulau, dan sebagainya) dan tercatat sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di tempat itu.

Adapun penduduk menurut UUD 1945 Bab X Pasal 26 adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Sampai dengan tahun 2007 penduduk Indonesia berjumlah 220.953.634 jiwa dan berada pada peringkat ke empat setelah Cina, India, Amerika Serikat.

Untuk mengetahui jumlah penduduk, biasanya dilakukan sensus penduduk. Tahukah kamu apa itu sensus penduduk? Sensus penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, pengolahan, dan publikasi data demografis di suatu negara untuk seluruh penduduk pada periode waktu tertentu.

Jumlah penduduk suatu daerah selalu mengalami perubahan. Perubahan jumlah penduduk tersebut disebabkan adanya pertumbuhan penduduk, baik pertumbuhan penduduk positif maupun pertumbuhan negatif.

Apabila terjadi pertumbuhan penduduk yang positif, jumlah penduduk akan bertambah, sebaliknya apabila pertumbuhan penduduk negatif, akan mengakibatkan jumlah penduduk mengalami penurunan.

Perubahan jumlah penduduk di suatu daerah dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi.

1. Kelahiran (Fertilitas)

Fertilitas (kelahiran) adalah tingkat kelahiran hidup dari seorang wanita selama masa reproduksinya, maksudnya masa seorang wanita siap untuk melahirkan keturunan.

2. Kematian (Moralitas)

Mortalitas (kematian) adalah meninggalnya seorang penduduk menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk.

3. Migrasi

Migrasi adalah berpindahnya seorang penduduk dari suatu tempat ke tempat lain yang menyebabkan berkurang atau bertambahnya jumlah penduduk. 
3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Suatu Wilayah
Bagan: Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk

Bentuk migrasi di antaranya,

  • imigrasi (pindahnya penduduk ke negara lain), 
  • emigrasi (masuknya penduduk dari negara lain), 
  • transmigrasi (pindahnya penduduk ke pulau lain dalam suatu negara), dan 
  • urbanisasi (pindahnya penduduk dari desa ke kota).

Demikian pembahasan tentang kependudukan yang lebih fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah.

loading...

0 Response to "3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Suatu Wilayah"

Post a Comment