Pengertian Usaha, Rumus Usaha dan Satuan Usaha Dilengkapi Dengan Contoh Soal Usaha serta Pembahasannya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang usaha yang meliputi pengertian usaha, rumus usaha, contoh usaha, contoh soal usaha.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering mendengar kata “usaha”. Misalnya, kamu berusaha keras mempelajari pelajaran Fisika untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan. Seorang atlet balap sepeda berusaha keras untuk menghadapi olimpiade. Romi berusaha mendorong lemari sejauh 3 meter.

Pengertian Usaha

Dalam kehidupan sehari-hari usaha berarti upaya manusia untuk melakukan sesuatu guna tujuan tertentu. Apa pengertian usaha dalam Sains?
Sebuah benda dikatakan melakukan usaha jika ada gaya yang dilakukan pada benda tersebut atau benda tersebut memberikan gaya yang menyebabkan benda tersebut berubah posisinya. 
Atau;
Usaha atau kerja (dilambangkan dengan W dari Bahasa Inggris Work) adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak. 
Dari contoh-contoh yang diberikan di atas, coba kamu tentukan mana yang merupakan usaha menurut Fisika dan mana yang bukan.

Dari pengertian gaya, usaha (W) dapat dituliskan dalam bentuk matematis, yaitu hasil kali antara gaya (F) dan perpindahan (s). Dalam hal ini, usaha searah dengan gaya, sehingga usaha merupakan besaran vektor.
Pengertian Usaha, Rumus Usaha dan Satuan Usaha Dilengkapi Dengan Contoh Soal Usaha serta Pembahasannya
Gambar: Usaha adalah perkalian gaya F dan perpindahan s.

Rumus Usaha

Dalam bentuk matematis, usaha dapat dituliskan sebagai berikut.
W = F × s
Kamu harus ingat bahwa gaya yang dimaksud dalam persamaan ini adalah gaya yang searah dengan arah perpindahan.

Seorang pramusaji yang sedang berjalan mengantarkan makanan ke meja pelanggannya dikatakan tidak melakukan usaha meskipun tangannya memberikan gaya untuk menahan makanan yang dibawanya.

Hal ini dikarenakan gaya yang diberikan pramusaji tersebut tegak lurus dengan arah berjalannya. Gaya tangannya ke atas dan arah berjalannya mendatar.

Satuan Usaha

Apa satuan usaha? Jika sebuah benda melakukan usaha dengan gaya F = 1 N sehingga membuat benda bergeser 1 m, usaha dan satuannya dapat dihitung sebagai berikut.
W = F × s
     = 1 N × 1 m
     = 1 Nm
Selanjutnya, diperoleh bahwa 1 Nm = 1 Joule.

Contoh Soal Usaha

Seorang pria mendorong peti besi dengan gaya 600 N. Peti tersebut bergeser sejauh 2 m. Hitunglah usaha yang dilakukan pria tersebut!

Jawab:
F = 600 N
s = 2 m
W = .... ?

W = F × s
     = 600 N × 2 m
     = 1.200 Nm = 1.200 Joule

Demikian pembahasan tentang pengertian usaha, rumus usaha, contoh usaha, contoh soal usaha, satuan usaha.

0 Response to "Pengertian Usaha, Rumus Usaha dan Satuan Usaha Dilengkapi Dengan Contoh Soal Usaha serta Pembahasannya"

Post a Comment