Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian ekosistem, tingkatan organisasi dalam ekosistem, Satuan Makhluk Hidup Penyusun Ekosistem, satuan makhluk hidup dalam ekosistem.

Pengertian Ekonsistem

Ekosistem adalah hubungan saling memengaruhi antara makhluk hidup dengan makhluk tidak hidup. Ekosistem dibentuk oleh satuansatuan makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik).
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem juga bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. (Wikipedia)

Satuan Makhluk Hidup Penyusun Ekosistem

Di dalam suatu ekosistem juga terdapat satuan-satuan makhluk hidup yang meliputi individu, populasi, dan komunitas.

a. Individu

Istilah individu berasal dari bahasa Latin, yaitu in yang berarti tidak dan dividuus yang berarti dapat dibagi. Jadi, individu adalah makhluk hidup yang berdiri sendiri. Individu juga dapat disebut satuan makhluk hidup tunggal. Perhatikan Gambar yang merupakan salah satu contoh individu!
Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Gambar: Contoh Individu Burung

b. Populasi

Istilah populasi berasal dari bahasa Latin, yaitu populus yang berarti semua orang yang bertempat tinggal di suatu tempat. Dalam ekosistem, populasi berarti kelompok makhluk hidup sejenis yang menempati daerah tertentu pada waktu tertentu.

Makhluk hidup dikatakan sejenis apabila makhluk hidup itu mempunyai persamaan bentuk tubuh, dapat melakukan perkawinan, dan mampu menghasilkan keturunan yang fertil. Misalnya populasi manusia di Jakarta atau populasi badak di Ujungkulon. Perhatikan contoh populasi zebra pada Gambar!
Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Gambar: Populasi Zebra

Individu-individu dalam populasi saling berinteraksi. Interaksi antarindividu di dalam populasi dapat bersifat kompetisi, kanibalisme, dan kerja sama (pada reproduksi seksual).

Jumlah anggota populasi suatu makhluk hidup dapat berubah. Faktor-faktor yang memengaruhi perubahan populasi yaitu kematian, kelahiran, dan migrasi (perpindahan).

Jumlah suatu jenis makhluk hidup di suatu daerah dengan luas tertentu pada waktu tertentu disebut kepadatan populasi. Rumus untuk menghitung kepadatan populasi sebagai berikut.

Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

c. Komunitas

Populasi dari berbagai makhluk hidup di suatu wilayah saling berinteraksi membentuk suatu komunitas. Istilah komunitas diambil dari bahasa latin commune yang berarti umum atau biasa.

Individu-individu dalam komunitas saling berinteraksi. interaksi antarindividu dalam komunitas dapat berupa kompetisi, simbiosis, kanibalisme, kerja sama, dan predasi.

Di suatu komunitas biasanya terdapat kecenderungan adanya dominasi oleh salah satu populasi. Populasi dominan inilah yang menentukan sifat suatu komunitas.

Misalnya pada komunitas hutan pinus. Pinus mendominasi komunitas tersebut sehingga besar kecilnya komunitas tergantung pada populasi pohon pinus.
Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Gambar: Komunitas Hutan Pinus

Satuan-satuan makhluk hidup dalam komunitas bersama dengan makhluk tidak hidup di lingkungannya saling berinteraksi membentuk suatu ekosistem.

Ekosistem ini tersebar luas di seluruh belahan bumi. Beberapa ekosistem yang terdapat di wilayah geografis yang sama dengan iklim dan kondisi yang sama akan membentuk bioma. Di bumi, terdapat beberapa bioma.

Bioma tersebut di antaranya adalah bioma tundra, hutan hujan tropis, dan savana. Semua bioma ini akan membentuk biosfer. Perhatikan bagan pembentukan biosfer berikut!
Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Bagan: Pembentukan Biosfer

Telah diketahui bahwa ekosistem tersusun atas satuansatuan makhluk hidup dan makhluk tidak hidup. Pada dasarnya, suatu ekosistem tersusun atas dua macam komponen. Komponen apa saja itu?

Baca selengkapnya: Komponen-komponen dalam ekosistem

loading...

0 Response to "Pengertian Ekosistem dan Macam-macam Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment