Pengertian Dinamika, Pertumbuhan Penduduk, Sensus Penduduk, Kepadatan dan Ledakan Penduduk

Berikut ini adalah pembahasan tentang Pengertian dinamika penduduk, pengertian pertumbuhan penduduk, pengertian sensus penduduk, pengertian kepadatan penduduk, pengertian ledakan penduduk, pengertian jumlah penduduk.

Kepadatan Penduduk

Jumlah penduduk di suatu negara atau di daerah tertentu dari waktu ke waktu bersifat dinamis, artinya selalu mengalami perubahan. Perubahan-perubahan ini disebut dinamika penduduk.

Dinamika penduduk yang menunjukkan pertambahan penduduk disebut pertumbuhan penduduk.

Faktor yang memengaruhi perubahan jumlah penduduk yaitu faktor demografi dan nondemografi. Faktor demografi meliputi jumlah kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Faktor nondemografi antara lain kesehatan dan pendidikan.
Pengertian Dinamika, Pertumbuhan Penduduk, Sensus Penduduk, Kepadatan dan Ledakan Penduduk
Diagram: Dinamika Penduduk

Pada kenyataannya, pertumbuhan penduduk tidaklah sesederhana itu. Banyak hal yang memengaruhi pertumbuhan penduduk. Di antaranya, banyaknya anak yang meninggal sebelum dewasa, perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan yang tidak sama, serta pasangan yang tidak mempunyai anak.

Jumlah penduduk suatu negara dapat dihitung dengan melakukan sensus penduduk. Sensus penduduk adalah penghitungan resmi suatu negara bersama dengan pencatatan jumlah kematian dan kelahiran.

Kepadatan penduduk di setiap daerah berbeda-beda. Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu tempat dan berkaitan dengan luas daerah tersebut. Rumus untuk menghitung
kepadatan penduduk sebagai berikut.

Pengertian Dinamika, Pertumbuhan Penduduk, Sensus Penduduk, Kepadatan dan Ledakan Penduduk

Kita dapat menghitung kepadatan penduduk tiap provinsi di negara kita menggunakan rumus tersebut.

Kepadatan penduduk dapat meningkat pesat jika tingkat kelahiran tinggi, sedangkan tingkat kematian rendah. Apalagi jika ditambah dengan banyaknya imigran yang datang. Hal-hal seperti di atas dapat menimbulkan ledakan penduduk.

Ledakan penduduk adalah pertumbuhan penduduk yang sangat pesat melebihi daya dukung alamnya (lingkungannya).

loading...

0 Response to "Pengertian Dinamika, Pertumbuhan Penduduk, Sensus Penduduk, Kepadatan dan Ledakan Penduduk "

Post a Comment