Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang filum arthropoda, yang meliputi klasifikasi arthopoda, pengertian filum arthropoda, klasifikasi filum arthropoda, macam macam filum arthropoda, contoh filum arthropoda, klasifikasi belalang, ciri ciri arthropoda, hewan arthropoda, contoh arthropoda, ciri ciri filum arthropoda, contoh hewan arthropoda, ciri ciri hewan arthropoda, struktur tubuh arthropoda.

Pengertian Arthopoda

Arthropoda adalah hewan dengan kaki beruas-ruas, berukuku dan bersegmen. Istilah Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu arthro yang berarti ruas dan podos yang berarti kaki. Arthropoda merupakan hewan tripoblastik selomata dan bilateral simetris. 
Tubuh Arthropoda terdiri dari kepala, dada, dan abdomen yang keseluruhan dibungkus oleh zat kitin dan kerangka luar (eksoskeleton).  Umumnya diantara ruas-ruas terdapat bagian yang tidak memiliki zat kitin sehingga ruas-ruas tersebut mudah untuk digerakkan. Di waktu tertentu kulit dan tubuh Arthropoda mengalami pergantian kulit (eksdisis). (Artikelsiana.com)

Ciri-ciri Arthopoda

Diantara karakteristik atau ciri-ciri dari hewan arthopoda adalah;
1. Memiliki 3 bagian tubuh utama yaitu tubuh bersegmen (ruas), rangka luar (eksoskeleton) yang keras, dan ekor.
2. Tubuh dibungkus oleh kutikula sebagai rangka luar yang terbuat dari protein dan kitin.
3. Esoskleten bersifat kaku dan keras dan dapat mengalami pergantian pada kurun waktu tertentu yang disebut eksidisis.
4. Ukuran tubuh bervariasi.
5. Bentuk tubuh simetris bilateral.
6. Sifat hidup: parasit, heterotropik, dan hidup secara bebas.
7. Alat pernapasan: Trakea, insang, dan paru-paru (berbuku)
8. Alat pencernaan lengkap (mulut, kerongkongan, usus, dan anus)
9. Bereproduksi secara seksual dan aseksual.
10. Sistem saraf berupa tangga tali dan alat peraba berupa antena
11. Hidup di darat, air tawar dan laut.
12. Sistem peredaran darah terbuka, darah tidak memilikik hemoglobin.

Macam-macam Kalsifikasi Arthopoda Beserta Contohnya

Arthropoda artinya hewan dengan kaki berbuku-buku. Hewan ini memiliki rangka luar yang terbuat dari zat kitin. Tubuh Arthropoda terdiri atas kepala, dada, dan perut. Arthropoda dikelompokkan lagi menjadi empat golongan sebagai berikut.

1) Kelas Arachnida

Arachnida mempunyai tubuh yang terdiri atas chepalotoraks (kepala dan dada menjadi satu) dan abdomen. Hewan ini tidak mempunyai antena. Kakinya berjumlah empat pasang. Contoh anggota Arachnida yaitu kutu, laba-laba, dan kalajengking.
Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Arachnida

2) Kelas Crustacea

Crustacea mempunyai tubuh yang terdiri atas chepalotoraks dan abdomen serta mempunyai dua pasang antena. Hewan ini mempunyai empat pasang kaki jalan yang terletak di abdomen.

Selain itu, Crustacea mempunyai sepasang kaki jalan yang berubah fungsi menjadi kaki penjepit di chepalotoraks. Contoh anggota Crustacea yaitu udang dan kepiting.
Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Crustacea

3) Kelas Myriapoda

Tubuh hewan ini terdiri atas caput dan abdomen. Myriapoda mempunyai tubuh gepeng dan beruas-ruas. Tiap ruas badan terdapat satu pasang atau dua kaki. Contoh anggota Myriapoda: lipan dan kaki seribu.
Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Myriapoda

4) Kelas Insecta

Tubuh Insecta terdiri atas caput, toraks, dan abdomen. Di bagian kepala terdapat sepasang antena sebagai alat peraba, dua pasang mata majemuk, dan mulut. Hewan ini mempunyai tiga pasang kaki sehingga disebut hexapoda. Contoh anggota Insecta: kupu-kupu, lalat, dan semut.
Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Insecta

Demikian pembahasan tentang filum arthropoda, yang meliputi klasifikasi arthopoda, pengertian filum arthropoda, klasifikasi filum arthropoda, macam macam filum arthropoda, contoh filum arthropoda, klasifikasi belalang, ciri ciri arthropoda, hewan arthropoda, contoh arthropoda, ciri ciri filum arthropoda, contoh hewan arthropoda, ciri ciri hewan arthropoda, struktur tubuh arthropoda.

loading...

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya"

Post a Comment