Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia

Berikut ini adalah pembahasan tentang kingdom animalia yang meliputi, macam macam filum animalia, pengertian kingdom animalia, ciri ciri kingdom animalia, klasifikasi kingdom animalia, 9 filum kingdom animalia, ciri ciri umum kingdom animalia.

Pengertian Kingdom Animalia

Kingdom Animalia juga disebut ”Dunia Hewan”. Tubuh hewan terdiri atas banyak sel (multiselular). Hewan merupakan organisme eukariotik. Reproduksinya ada yang secara seksual, ada pula yang secara aseksual. Hewan memperoleh makanan dari makhluk hidup lain (heterotrof).
Kingdom Animalia adalah klasifikasi taksonomi organisme yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas dan karena itu tergantung pada organisme lain untuk makanan mereka. 

Ciri-ciri Kingdom Animalia

Ciri-ciri kingdom animalia lainnya sebagai berikut:

1. Merupakan mahluk hidup yang eukariotik dan multiseluler.

2. Merupakan mahluk hidup heterotropik yang mendapatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan mahluk hidup lainnya.

3. Pada umumnya bereproduksi secara sexual, tetapi beberapa dapat bereproduksi secara vegetatif.

4. Struktur tubuh hewan tersusun oleh sel-sel yang tidak mempunyai dinding sel

5. Pada beberapa fase dalam hidupnya bersifat motil, walaupun hewan spon merupakan hewan yang diam pada fase larva dapat berenang bebas.

6. Mempunyai kemampuan merespon stimulus dari lingkungan secara cepat.

9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia

Kingdom Animalia dibagi menjadi beberapa filum berikut.

a. Filum Porifera

Tubuh Porifera mempunyai banyak pori. Rangka tubuhnya menyerupai duri (spikula). Duri tersusun dari zat kapur, kersik, atau benang-benang yang disebut spongin. Contoh anggota Porifera yaitu Xestospongia sp., Reniochalina sp., dan Cribrochalina sp.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Porifera

b. Filum Cnidaria (Coelenterata)

Cnidaria mempunyai ciri khas berupa knidosit, yaitu alat perlindungan diri yang mengandung sengat. Cnidaria mempunyai rongga gastrovaskuler. Kelompok hewan ini mempunyai dua bentuk, yaitu polip dan medusa.

Hewan dalam bentuk polip mempunyai bentuk seperti tabung, menempel di dasar perairan, dan diam di tempat. Hewan dalam bentuk medusa mempunyai bentuk seperti cawan tertelungkup dan hidup bebas berenang-renang di perairan.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Coelenterata

Anggota Cnidaria mempunyai tentakel dan sel-sel penyengat yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsa. Contoh anggota Cnidaria yaitu anemon laut dan Aurelia sp.

c. Filum Platyhelminthes

Platyhelminthes sering disebut cacing pipih karena tubuhnya berbentuk pipih seperti pita. Tubuh hewan ini tidak bersegmen, mempunyai mulut, tetapi tidak mempunyai anus.

Kebanyakan anggota Platyhelminthes hidup sebagai parasit. Contoh anggota Platyhelminthes yaitu Fasciola hepatica, Taenia solium, dan Planaria sp. Planaria tidak hidup parasit. Hewan ini hidup di air tawar yang jernih.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Platyhelminthes

d. Filum Nemathelminthes

Nemathelminthes mempunyai tubuh berbentuk bulat panjang dan tidak bersegmen. Hewan ini mempunyai mulut dan anus. Kebanyakan Nemathelminthes hidup bebas. Ada beberapa yang hidup secara parasit. Contoh anggota Nemathelminthes yaitu cacing tambang dan cacing perut.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Nemathelminthes

e. Filum Annelida

Annelida mempunyai tubuh yang bersegmen seperti cincin atau gelang. Tubuh Annelida dilengkapi dengan mulut dan anus. Anggota Annelida dapat ditemukan hampir di semua tempat. Contoh anggota Annelida yaitu cacing tanah dan lintah.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Annelida

f. Filum Mollusca

Mollusca mempunyai tubuh lunak yang dilindungi oleh cangkang. Namun ada pula yang tidak bercangkang, misalnya cumi-cumi dan gurita. Hewan ini bergerak menggunakan otot. Mollusca ditemukan hampir di semua tempat. Contoh anggota Mollusca yaitu bekicot, cumi-cumi, dan kerang.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Mollusca

g. Filum Echinodermata

Echinodermata (hewan berkulit duri) hanya ditemukan di laut. Hewan ini mempunyai rangka luar yang terbuat dari lempeng-lempeng zat kapur.

Organ penggerak hewan ini berupa kaki pembuluh (kaki ambulakral). Contoh anggota Echinodermata: bintang ular, bintang laut, duri landak, dan Teripang.
Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia
Gambar: Contoh Anggota Echinodermata

h. Filum Arthropoda

Arthropoda artinya hewan dengan kaki berbuku-buku. Hewan ini memiliki rangka luar yang terbuat dari zat kitin. Tubuh Arthropoda terdiri atas kepala, dada, dan perut.

Baca selengkapnya: Ciri-ciri dan Klasifikasi Arthopoda

i. Chordata

Ukuran tubuh Chordata relatif lebih besar. Hewan Chordata banyak dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. Chordata terbagi menjadi dua kelompok, yaitu subfilum Avertebrata dan subfilum Vertebrata.

1) Subfilum Avertebrata

Fungsi organ dan struktur tubuh Avertebrata masih sederhana. Avertebrata tidak mempunyai struktur tulang belakang. Contoh anggota Avertebrata yaitu Amphioxus sp., dan Tunicata.

2) Subfilum Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Vertebrata terdiri atas banyak jenis hewan. Hewan-hewan itu mempunyai ciri yang berbeda-beda.

Baca selengkapnya: Ciri-ciri dan Klasifikasi Vertebrata

Demikian pembahasan tentang kingdom animalia yang meliputi, macam macam filum animalia, pengertian kingdom animalia, ciri ciri kingdom animalia, klasifikasi kingdom animalia, 9 filum kingdom animalia, ciri ciri umum kingdom animalia.

loading...

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri dan 9 Filum Klasifikasi Kingdom Animalia"

Post a Comment