Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia, tumbuhan langka, hewan langka, hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia beserta asalnya, tumbuhan langka di indonesia.

Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup dalam Pelestarian Ekosistem

Ekosistem yang sehat pada dasarnya bersifat stabil. Maksudnya ekosistem tersebut mendukung kehidupan berbagai jenis tumbuhan (produsen), herbivora, dan karnivora, sehingga terdapat banyak lintasan daur materi dan energi.

Apabila satu jenis tumbuhan (produsen) dalam ekosistem tersebut hilang, masih ada tumbuhan lain yang dapat menggantikan peran tumbuhan yang hilang tersebut.

Apabila terdapat satu jenis herbivora punah, masih ada herbivora lain yang memakan tumbuhan. Begitu pula, jika satu jenis karnivora itu punah, masih ada karnivora lain untuk meneruskan daur materi dan energi dalam ekosistem itu.

Sebaliknya, ekosistem yang hanya dihuni beberapa jenis makhluk hidup bersifat kurang stabil. Apabila satu atau dua jenis makhluk hidup punah, maka tidak akan terjadi lintasan alternatif untuk aliran materi dan energi.

Jika aliran energi dan materi berhenti, akan terjadi kepunahan makhluk hidup. Pada ekosistem yang hanya dihuni oleh beberapa jenis makhkluk hidup, apabila terjadi perubahan lingkungan secara drastis, maka seluruh makhluk hidup tidak akan mampu bertahan hidup.

Dari dua sifat ekosistem tersebut, terlihat jelas pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam suatu ekosistem. Keanekaragaman makhluk hidup ini untuk mempertahankan kelestarian ekosistem.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis-jenis hewan dan tumbuhan. Kekayaan ini tidak ternilai harganya. Jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan terus berkembang biak. Hal ini menyebabkan tumbuhan dan hewan dapat dijadikan sebagai sumber daya alam yang potensial.

Berbagai jenis hewan dan tumbuhan di atas dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Bagian-bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat-obatan, hiasan, dan bahan bangunan.

Hewan pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, dimanfaatkan tenaganya, dan diambil bagian tubuhnya sebagai bahan obat.

Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia

Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari kekayaan hewan dan tumbuhan. Akan tetapi, karena pemanfaatan yang kurang bijaksana dapat menyebabkan berkurangnya keanekaragaman makhluk hidup.

Bahkan beberapa jenis hewan dan tumbuhan sudah mulai langka. Makhluk hidup dapat digolongkan langka apabila makhluk hidup tersebut jumlahnya tinggal sedikit dan sangat sulit ditemui. Beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka dapat kamu lihat dalam tabel berikut.
Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya
Tabel: Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia
Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya
Gambar: Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia

Itulah beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka di Indonesia. Kelangkaan hewan dan tumbuhan tersebut secara garis besar disebabkan oleh bencana alam dan perbuatan manusia.

Bencana alam seperti gunung meletus dapat menyebabkan punahnya makhluk hidup di tempat tersebut. Kepunahan ini terjadi karena mereka tidak dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang mencolok.

Sementara itu, perbuatan manusia yang dapat menyebabkan kelangkaan makhluk hidup antara lain perburuan dan penebangan hutan secara liar.

Demikian pembahasan tentang Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia, tumbuhan langka, hewan langka, hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia beserta asalnya, tumbuhan langka di indonesia.

1 Response to "Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya"